oleh

PKM STIKES WN Palu Latih Pembuatan Ecochair kepada Warga Tondo

-Kota Palu-dibaca 198 kali

SULTENG RAYA – Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Widya Nusantara Palu melaksanakan edukasi dan peningkatan keterampilan kepada kelompok PKK di Kelurahan Tondo. Kepada masyarakat, tim PKM STIKES WN Palu memperkenalkan program ecochair (ecobrick chair) yaitu kursi yang dibuat dari ecobrick.

“Ecobrick adalah suatu metode pengolahan sampah anorganik seperti kain, sampah plastik, styrofoam dan lain-lain, dengan cara memasukkan potongan sampah ke dalam botol air mineral dan dipadatkan sampai terisi 2/3 penuh,” kata Ketua Tim PKM, Julio Alvero Pamulango.

Julio mengatakan, tim PKM pada tanggal 8 September 2021 lalu telah melakukan pendampingan kepada ibu-ibu PKK di Kelurahan Tondo untuk pembuatan kursi dari sampah plastik.

Baca Juga :   Ketua TP-PKK Diah Apresiasi Pokja I Konsisten Pengajian Setiap Bulan

“Harapan tim PKM Prodi gizi STIKES WN Palu agar ibu-ibu PKK Kelurahan Tondo  dapat menerapkan keterampilan ini serta membantu perekonomian masyarakat yang terdampak Covid-19. Program ini sekaligus mengatasi permasalahan sampah, dimulai dari skala paling kecil yaitu skala rumah tangga,”katanya.

Sejauh ini, pencapaian ibu-ibu PKK Kelurahan Tondo sebagai mitra PKM STIKES WN Palu telah berhasil menjual 11 kursi. Untuk kursi ukuran kecil dijual dengan harga Rp75 ribu dan ukuran besar dijual Rp150 ribu.

Kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa merupakan bagian  dari pengabdian masyarakat berupa edukasi dan peningkatan keterampilan. Adapun tim PKM Ecochair STIKES WN Palu yakni Julio Alvero Pamulango, Ashyfa Restu Wulandari, Hastiana Ramadani, Nurfaiqa, dan Windiarsi Huraera. Sementara dosen pendamping adalah Riana Pangestu Utami, S.Gz., M.Si.

Baca Juga :   Fenomena La Nina, Masyarakat Diminta Waspada

Adapun kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan diantaranya edukasi kepada Ibu-ibu PKK kelurahan Tondo terkait pemilahan sampah organik dan anorganik, pelatihan pembuatan ecobrick, pelatihan pembuatan kursi dari ecobrick (ecochair) serta pendampingan pemasaran lewat media sosial.*WAN

Komentar

News Feed