oleh

Daya Beli Turun, Penjualan Barang Elektronik Jadi Lesuh

-Kota Palu-dibaca 129 kali

SULTENG RAYA – Dampak pandemi Covid-19 masih dirasakan sebagian besar industri, baik secara global maupun nasional.

Apalagi sampai saat ini sejumlah daerah masih menetapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Dampak dari pandemi tersebut juga dirasakan sektor industri penjualan alat elektronik, yakni salah satunya Medion Talise Elektronik di Jalan Yos Sudarso, Kota Palu.

Salah seorang Marketing Medion Talise Elektronik, Deddy, menuturkan, penjualan alat elektonik saat seperti ini mengalami penurunan omzet. Apalagi, di tengah-tengah PPKM, dirasakan selama ini juga didorong dari harga cenderung mengalami kenaikan.

“Untuk penjualan seperti saat ini pastinya menurun, apalagi harga barang yang cenderung naik, sehingga mengakibatkan penurunan daya beli masyarakat yang berdampak pada penjualan,” kata Deddy kepada Sulteng Raya, Kamis (16/9/2021).

Baca Juga :   Pemkot Palu Akan Launching Survey Tematik Indeks Aktualisasi Pancasila

Diakui Deddy, pihaknya cukup kesulitan memasarkan produk. Satu-satunya instrumen jualan yang bisa digunakan dan cukup efektif yakni penjualan secara daring via media sosial dan lainnya.

”Kami lebih mengoptimalkan penggunaan internet, yaitu menjual beberapa alat elektronik di media online. Kami juga sempat mengadakan promo pada bulan Agustus, dalam pembelian produk Sharp mendapat potongan harga senilai Rp50.000 sampai Rp200.000, dan juga ada potongan harga bagi masyarakat yang sudah vaksinasi. Dengan strategi tersebut, cukup membantu dalam penjualan dan mempertahankan bisnis,” katanya.

Melalui strategi tersebut, toko mampu mempertahankan performa bisnisnya dengan melakukan beragam kampanye penjualan melalui kanal digital. Sehingga mampu menghindari pengurangan karyawan.

“Beruntungnya, berkat strategi tersebut, toko sampai saat ini masih bisa bertahan, sehingga pemilik toko mampu menghindari pemangkasan jumlah karyawan,” tutupnya.

Baca Juga :   Pekan Depan, BEI Sulteng Sediakan 2.000 Dosis Vaksin Sinovac

Ia juga mengatakan, dengan adanya strategi tersebut ada beberapa alat elektronik yang bisa laris dan dicari konsumen.

“Untuk barang yang sangat laku saat ini seperti, lemari es,  mesin cuci, speaker, kipas angin dan AC, akan tetapi dalam penjualan pasti ada beberapa barang yang tidak laku, seperti, blender dan mixer,” tuturnya.

Namun, kata dia, barang paling laris saat ini yakni lemari es atau kulkas. Menurutnya, fenomena konsumen di masa pandemi Covid-19 yakni masyarakat kerap berbelanja dalam jumlah banyak guna menyimpan persediaan dan bahan makanan.

“Sehingga mereka membutuhkan lemari es, untuk menampung persediaan makanan,” katanya.MG1/RHT

Komentar

News Feed