oleh

Mahasiswa UAI Tanam 1.000 Pohon Mangrove di Labuan

-Kab. Donggala-dibaca 426 kali

SULTENG RAYA – Panitia Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Korps Mahasiswa Hubungan International (KOMAHI) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), melakukan penanaman 1.000 pohon mangrove di Pantai Popa, Desa Labuan, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng) pada 15-16 September 2021.

Program yang mengusung tema “Pembangunan Ekonomi Kreatif” ini dibuka langsung oleh Kepala Desa Labuan Lelea, Arifin pada Rabu (15/9/2021) pukul 10.00 wita dan dihadiri oleh masyarakat, tokoh pemuda, beberapa Mahasiswa Universitas Tadulako (Untad) dan 14 Mahasiswa Universitas Al Azhar.

Sebelumnya, Mahasiswa UAI juga menyelenggarakan kegiatan berupa pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO), lomba volly dan lomba mengaji di kantor Desa Labuan Lelea, Kecamatan Labuan, Kabupaten Donggala, Sulteng.

Baca Juga :   Masyarakat Walandano Antusias Ikuti Vaksinasi Akabri 1999 Peduli

“Kami dari Universitas Al Azhar sendiri memiliki tiga kegiatan yang dilakukan sejak 8 September 2021, yaitu pembuatan VCO, mengadakan lomba volly dan ngaji, dan kegiatan terakhir yaitu penanaman pohon Mangrove. Kami memilih lokasi penanamannya di Pantai Popa aja. Kalaupun nanti kelebihan bibit, kami akan serahkan kepada masyarakat untuk bisa melanjutkan penanamannya,” ujar Muhammad Raoul Chaer selaku Ketua Tim Mahasiswa UAI.

Secara umum, Mangrove dianggap sebagai paru-paru dunia, sumber ekonomi, habitat flora dan fauna, pengendali bencana, hingga dapat dijadikan objek wisata. “Kegiatan ini merupakan bagian dari perlindungan lingkungan juga, rencananya kan pantai Popa ini akan dijadikan tempat wisata Mangrove. Dulunya kan disini banyak pohon Mangrove, tapi pas diterjang bencana, tinggal sisa-sisanya,” ujar Arifin, Rabu (15/9/2021).

Baca Juga :   Masyarakat Walandano Antusias Ikuti Vaksinasi Akabri 1999 Peduli

Masyarakat juga mendukung kegiatan ini, karena menurut mereka, mangrove juga termasuk sumber kehidupan masyarakat. Jadi, dengan adanya penanaman pohon Mangrove ini, menjadi harapan baru bagi masyarakat setempat.

“Jadi, dengan adanya kegiatan ini, harapan kami selaku penyelenggara yaitu biar ada produktivitas masyarakat dalam meningkatkan perekonomian,” harap Jatmiko selaku pendamping Mahasiswa UAI. MG3

Komentar

News Feed