oleh

DKP Sulteng: Dua Kabupaten Terima Bantuan Calon Induk Ikan

-Kota Palu-dibaca 94 kali

SULTENG RAYA – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Dinas Keluatan dan Perikanan (DKP) Sulteng telah menyalurkan bantuan dalam pagu anggaran dana alokasi khusus (DAK), yakni bantuan calon induk ikan air tawar di dua kabupaten di Sulteng, yakni di Kabupaten Poso dan Kabupaten Morowali Utara.

“Poso di Desa Lembah Bada, Kecamatan Lore Selatan, Morowali Utara di Desa Korowalelo. Itu bantuan calon induk ikan air tawar. Bantuan bibit ikan air tawar sampai saat ini hampir selesai,” kata Kepala Bidang Perikanan Budidaya dan Pengolahan, Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) DKP Sulteng, Mohammad Syafar kepada Sulteng Raya, Rabu (15/9/2021).

Syafar mengatakan, disamping menyalurkan bantuan untuk kabupaten, pihaknya juga menyisihkan sebagian calon induk untuk di kembangbiakan menjadi induk untuk pengembangan bibit ikan air tawar. Kata dia, ada tiga jenis ikan air tawar yang dikembangkan pada calon indukan tersebut yakni ikan mas, ikan nila, dan ikan lele.

Baca Juga :   Bunda PAUD Kelurahan-Kecamatan Diminta Sosialiasikan Pentingnya PAUD Berkualitas

“Bantuan calon induk, sebagian kami isi ke unit kami di perbenihan. UPT Perbenihan nantinya yang akan membagikan, setelah jadi induk baru di lepas ke masyarakat 3-6 bulan kedepan,” tuturnya.

Selain  itu, untuk pemberdayaan lainnya, DKP Sulteng juga bersinergi dengan Rumah Tahanan (Rutan) di Maesa Kota Palu untuk penyaluran bibit dan pakan sebagai media pemberdayaan warga rutan agar lebih berdaya dan inovatif.

“Itu media latihan keterampilan penghuni rutan,” tuturnya. RHT

Komentar

News Feed