oleh

Tidak Pernah Meminjam Tapi Ditagih Pinjol, Lapor OJK!

-Ekonomi-dibaca 112 kali

SULTENG RAYA – Financial Technologi (Fintech) lending peer to peer tidak berizin atau yang lebih dikenal dengan pinjaman online (pinjol) ilegal saat ini tengah marak di jagat maya.

Banyak masyarakat bahkan tidak sadar, bahwa ia sudah terjerat pinjol ilegal tersebut ketika melakukan aktivitas di sosial media dengan melakukan klik tautan wara-wiri di sosial media, yang membawa pengguna menuju transaksi pinjol ilegal.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui Kantor Perwakilan OJK Sulteng memberikan kiat-kiat untuk dapat menghindari modus-modus dilakukan ‘lintah darat’ itu.

“Ditagih pinjol padahal tidak meminjam? itu pasti pinjol ilegal. Masyarakat harus langsung mengecek legalitas pinjol lewat bit.ly/daftarfintechlendingOJK atau hubungi kontak OJK 157,” kata Humas OJK Sulteng, Megawati, Rabu (15/9/2021).

Baca Juga :   BRI Palu Dukung Pengembangan UMKM Tingkat Desa

Kemudian, kata dia, blokir dan abaikan kontak yang melakukan penagihan tersebut. Jika penagih mengancam atau mengintimidasi, lanjutnya, segera laporkan ke kepolisian terdekat.

“Masyarakat juga harus selalu menjaga keamanan data pribadi. Jangan pernah mengklik link yang dikirimkan melalui SMS, WA, Email, atau sarana komunikasi lainnya dari sumber yang tidak jelas,” tuturnya. RHT

Komentar

News Feed