oleh

Pelabuhan Donggala Diproyeksi Jadi Simpul Pelayaran Nasional

-Kab. Donggala-dibaca 161 kali

SULTENG RAYA Kementerian Perhubungan RI berkomitmen untuk mengembangkan transportasi laut sebagai salah satu jalur transportasi di Indonesia. Oleh karena itu, Kabupaten Donggala sebagai salah satu daerah di Sulawesi Tengah yang memiliki pelabuhan pertama, tidak luput dari perhatian pemerintah pusat. Sehingga, Pemerintah berupaya menggemakan dan menjadikan pelabuhan Donggala sebagai salah satu simpul pelayaran nasional.

Hal itu dikatakan Plt Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Ir Arif Toha Tjahjagama saat meninjau lokasi pembangunan terminal pelabuhan Donggala di Anjungan Gonenggati, Kelurahan Kabonga Kecil, Kecamatan Banawa, Selasa (14/9/2021).

“Kami berkomitmen bahwa transportasi laut sebagai harapan besar negara kita yang merupakan bagian terbesar dari NKRI agar sama-sama kita kembangkan. Presiden telah bertekad untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia,” kata  Arif Toha.

Baca Juga :   Sidang Gugatan Citizen Lawsuit Masih Berlanjut

Sementara itu, kata dia, untuk pengelolaan pelabuhan Donggala kedepannya akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

“Pembangunan pelabuhan baru ini dengan total anggaran sebesar Rp500 miliar, dengan bentuk pinjaman Soft Loan dari Asian Development Bank atau Bank Pembangunan Asia. Sementara itu trayek akan berskala regional, namun jika memungkinkan juga akan membuka trayek nasional,”ucap Arif Toha.

“Dengan bantuan anggaran ini, merupakan bukti bahwa pemerintah memberikan perhatian kepada Kabupaten Donggala, khususnya untuk membangun pelabuhan baru dan melakukan renovasi pelabuhan di Desa Wani, yang rusak akibat terdampak bencana tsunami,”ucapnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah, Ma’mun Amir, mengatakan pihaknya sangat bersyukur atas adanya kesepakatan hibah sebagian lahan  Anjungan Gonenggati untuk pembangunan Pelabuhan Donggala.

Baca Juga :   Perkintam Donggala Genjot Pembangunan Huntap

“Olehnya, kami mengucapkan terima kasih atas kebesaran jiwa seluruh pihak yang telah ikhlas dan bersepakat untuk menyerahterimakan lahan tersebut. Saya dalam kesempatan ini mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Kementerian Perhubungan yang telah memberikan perhatian kepada Sulawesi Tengah,”terangnya.

Dia berharap agar pembangunan pelabuhan Donggala dapat dilaksanakan dengan baik, serta memberikan dampak peningkatan ekonomi masyarakat dan pemerintah Kabupaten Donggala kedepannya. ADK

Komentar

News Feed