oleh

Dinkes Gelar Posbindu Institusi di Parigi Tengah

SULTENG RAYA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Parigi Moutong (Parmout) melaksanakan kegiatan Pos Binaan Terpadu (Posbindu) Institusi di kantor Camat Parigi Tengah, Selasa (14/9/2021).

Kepala Seksi PTM dan Keswa Napza Dinkes Parmout, Sufiani, SST yang terlibat langsung dalam kegiatan itu mengatakan, kegiatan Posbindu adalah kegiatan yang dilakukan untuk mendeteksi penyakit tidak menular pada warga usia produktif (18-59 tahun). Penyakit yang dideteksi itu diantaranya hipertensi dan diabetes.

“Selain itu kami juga melakukan deteksi kadar CO dalam paru-paru yang biasanya muncul karena biasanya ada orang merokok yang asapnya bisa terhirup oleh kita. Nah, itu bisa kita deteksi disini,” ujar Sufiani yang akrab dipanggil Yeyen.

Baca Juga :   Yayasan Cappa Keadilan Ekologi Lakukan Pendampingan Tujuh Desa di Parmout

Yeyen menjelaskan, sebenarnya kegiatan rutin Posbindu dilaksanakan di setiap desa/kelurahan, hanya saja karena sasarannya adalah warga usia produktif yang rata usia sekolah dan kerja, maka pihaknya berinisiatif tidak lagi melaksanakan kegiatan di desa, melainkan secara aktif mendatangi tempat kerja warga yang menjadi sasaran kegiatan Posbindu.

“Warga yang tidak sempat datang ke desa kita datang ke tempat kerjanya melakukan pemeriksaan. Hari ini (kemarin) kami bekerjasama dengan dua Puskesmas yakni Puskesmas Pangi dengan lokasi kegiatan di kantor Camat Parigi Utara dan Parigi Tengah dan Puskesmas Parigi dengan lima lokasi kegiatan yakni di halaman kantor Telkom, kantor PLN, Lapas Olaya, kantor Penggadaian dan di kantor Camat Parigi,” sebut Yeyen.

Baca Juga :   Yayasan Cappa Keadilan Ekologi Lakukan Pendampingan Tujuh Desa di Parmout

Lanjut Yeyen, program Posbindu tersebut sudah dicanangkan untuk dilaksanakan di seluruh kecamatan dengan menggandeng Puskesmas setempat.

“Ini sebagai langkah awal, nanti untuk kedepannya secara berkala dari Puskesmas bisa melanjutkan kegiatan ini di wilayah kerjanya masing-masing,” jelasnya. AJI

Komentar

News Feed