oleh

Unismuh Palu Siap Terapkan PTM

-Pendidikan-dibaca 117 kali

SULTENG RAYA- Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu kini siap menerapkan kembali Perkuliahan Tatap Muka (PTM) di dalam kampus, meski tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Hal tersebut disampaikan Rektor Unismuh Palu, Dr. H. Rajindra, SE., MM, katanya kini tinggal menunggu pengumuman dari pemerintah terkait perubahan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), jika nantinya level PPKM di Kota Palu turun dari level IV dipastikan kampus biru akan langsung menerapkan PTM.

“Kalau sudah ada pengumuman perubahan dari PPKM level IV turun ke level III atau bahkan ke level II, kami akan langsung rapat mempersiapkan PTM itu, karena memang itu yang dinantikan,”ujar rektor, Selasa (14/9/2021).

Baca Juga :   4 Oktober, Unismuh Palu Terapkan Kembali PTM

Mengingat kata rektor, perkuliahan secara daring memiliki banyak kekurangan dibandingkan perkuliahan secara luring atau PTM, apa lagi itu terkait prodi eksakta yang membutuhkan praktek, berbeda halnya dengan prodi sosial, masih terbilang kurang prakteknya dibanding prodi eksakta.

Namun kata rektor, jikapun nantinya diterapkan kembali PTM kemungkinan besar tidak bisa menghadirkan 100 persen mahasiswa, apa lagi mahasiswa yang berasal dari daerah yang jauh dari Kota Palu, dan para mahasiswa juga harus dipastikan mendapatkan izin dari orang tuanya. “Kewaspadaan dan kehati-hatian itu harus tetap kita kedepankan, saya kira lebih bijak jika kita berhati-hati,”ujar rektor lagi.

Selain itu kata rektor, vaksinasi Covid-19 bagi dosen dan mahasiswa juga harus menjadi perhatian, sekalipun itu bukan persyaratan utama yang harus dipenuhi, karena terdapat sejumlah penyakit yang diidap orang yang tidak bisa divaksin.

Baca Juga :   HMB FMIPA Untad Jalankan Program Bina Desa

Terkait dosen Unismuh Palu kata rektor, dari dua kali kampus ini mengadakan vaksinasi gratis bagi masyarakat umum dan akademisi di kampus itu, kini diperkirakan jumlah dosen yang sudah divaksin berkisar 90 persen.

Namun berbeda dengan mahasiswanya, karena saat ini mahasiswa Unismuh Palu banyak yang kembali ke daerah masing-masing, hanya sebagaian yang masih berada di Kota Palu.

Bagi yang tinggal di Kota Palu kata rektor, dari dua kali kampus ini mengadakan vaksinasi Covid-19, pertama dilakukan di RS PKU Siti Fadila Supari dan kedua di halaman Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unismuh Palu banyak mahasiswa yang ikut divaksin.

Walaupun kata rektor belum bisa dia pastikan secara pasti jumlahnya. “Tapi saya yakin banyak yang ikut vaksin, baik yang kami lakukan di sini maupun yang di luar sana,”ujar rektor.

Baca Juga :   Mahasiswi Fisip Untad Terbitkan Buku di Masa Pandemi

Jikapun nantinya kata rektor masih ada mahasiswa yang belum divaksin dan ingin mengikuti vaksin, akan diupayakan mengadakan kembali vaksinasi gratis, sebagaimana yang sudah dilakukan sebelumnya melalui kerjasama baik dengan Pemerintah Kota Palu maupun dengan pihak Biddokkes Polda Sulteng.  ENG

Komentar

News Feed