oleh

Stikes WN Palu Sosialisasi Peningkatan Kualitas Garam Talise

-Kota Palu-dibaca 164 kali

SULTENG RAYA – Guna meningkatkan kualitas garam Talise Palu, mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Nusantara (Stikes WN) Palu melakukan sosialisasi Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) di Kelurahan Talise, Kota Palu, Senin (13/9/2021) pukul 15.00 wita.

Sosialisasi PHP2D itu, merupakan pelaksanaan pengabdian masyarakat yang termasuk dalam salah satu program Kampus Merdeka dan didanai langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Sosialisasi tersebut, mengusung Tema “PUGAR” Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat Kelurahan Talise Menggunakan Teknik Geomembran Low Density Polyethylene (LDPE) dan bekerjasama dengan  pihak ketiga yaitu Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Tengah.

Teknik Geomembran LDPE sendiri menggunakan proses tekanan tinggi melalui polimerisasi radikal bebas. Dengan menggunakan teknik pembuatan seperti itu, memungkinkan geomembran LDPE memiliki struktur yang lebih fleksibel, sehingga gampang dibentangkan.

Baca Juga :   30 Mahasiswa UIN Datokarama Palu Diedukasi Bahaya Narkoba

Wendi M. Fadhli, S.Farm.,Apt.,MH selaku dosen kemahasiswaan Stikes Widya Nusantara Palu mengatakan, kegiatan ini merupakan sosialisasi yang pertama kali dilakukan oleh Mahasiswa Stikes di Kelurahan Talise dan akan ada tindak lanjutnya pada pekan depan.

“Jadi kan kegiatan sosialisasi ini langkah awal untuk pemahaman masyarakat terkait pemberdayaan garam. Tapi, nanti untuk kegiatan lanjutan, masyarakat diminta turun langsung di lapangan dengan menggunakan teknik Geomembran LDPE dan akan dilaksanakan minggu depan sesuai jadwal yang telah ditentukan,” ujarnya.

Wendi M. Fadhli juga berharap, dengan diadakannya sosialisasi ini, garam Talise lebih meningkat lagi dengan teknik yang telah disosialisasikan kepada masyarakat, jadi kualitasnya bisa membaik dan pasarnya juga bisa menguntungkan bagi masyarakat.

Baca Juga :   PKM STIKES WN Palu Latih Pembuatan Ecochair kepada Warga Tondo

“Saya berharap dengan adanya sosialisasi ini, kami dapat meningkatkan produksi garam dan kesejahteraan masyarakat penggaraman,” ucap salah seorang warga, Senin (13/9/2021).

Diketahui, keterlibatan masyarakat dalam pelaksanaan sosialisasi ini terbilang cukup antusias, melihat banyaknya warga Kelurahan Talise yang datang. MG3

Komentar

News Feed