oleh

Pemerintah Lere Pasang Spanduk Larangan Buang Sampah Sembarangan

-Kota Palu-dibaca 54 kali

SULTENG RAYA Mengatasi permasalahan sampah liar, Pemerintah Kelurahan Lere, Palu Barat,  memasang spanduk yang berisikan tentang larangan membuang sampah sembarangan  dan informasi lokasi TPS resmi yang ada di Lere.

“Spanduk yang kami pasang berisikan larangan buang sampah sembarangan, serta dilengkapi dengan informasi lokasi TPS di Kelurahan Lere, sebab terkadang masih ada masyarakat yang membuang sampah sembarangan karena tidak tahu lokasi TPS,” kata Lurah Lere, Akbar Utama, Senin (13/9/2021).

Dalam spanduk tersebut, kata dia, tertulis dua lokasi TPS resmi yang ada di Kelurahan Lere yaitu di Jalan Selar dan Jalan Pasar Ikan. Artinya, kata Akbar,  pihak kelurahan berharap masyarakat yang melihat atau membaca spanduk itu langsung membuang sampahnya ke TPS resmi.

Baca Juga :   Peserta Didik-Orangtua Diedukasi Ketahanan Keluarga dari Narkoba

“Pemasangan spanduk tentunya sebagai upaya mengatasi adanya sampah liar. Tetapi, kita dihadapkan dengan masalah kesadaran, ada masyarakat yang membuang sampah sembarangan karena tidak tahu lokasi TPS. Ada juga  masyarakat yang sudah tahu letak TPS, tapi tidak memiliki kesadaran untuk membuang sampah di TPS. Nah, artinya masalah sampah butuh kesadaran dari diri sendiri atau masyarakat,” jelasnya.

Selain spanduk, untuk mengatasi masalah sampah liar, pihak kelurahan melakukan sosialisasi melalui RT/RW untuk mengingatkan masyarakat membuang sampah pada tempatnya, serta melakukan kerja bakti setiap pekannya.

“Langkah lainnya, kami memanfaatkan kendaraan kaisar yang ada di Kelurahan Lere, yang merupakan aset dari pihak kecamatan. Alhamdulillah, jumlah kaisar yang digunakan di Kelurahan Lere sebanyak enam unit dan sekarang kami serahkan pengelolaannya kepada enam RW yang ada di Kelurahan Lere untuk membantu melayani pembuangan sampah masyarakat Lere,” jelasnya. ULU

Komentar

News Feed