oleh

FAI Unismuh Palu Turunkan 84 Peserta Mahasiswa Program PPL

-Pendidikan-dibaca 413 kali

SULTENG RAYA- Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, resmi melepas sebanyak 84 Mahasiswa Program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dari tiga program studi, masing-masing Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam,  Prodi Pendidikan Agama Islam,  dan Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini .

Para mahasiswa tersebut nantinya di tempatkan di sejumlah instansi pendidikan negeri dan swasta, termasuk di tempatkan di lembaga penyiaran dan media cetak selama satu bulan.

Hadir dalam pelepasan itu, Rektor Unismuh Palu, Dr. Rajindra, SE., MM menyampaikan, bahwa Program PPL merupakan suatu program regular yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa untuk mengaplikasikan teori yang mereka terima selama di dalam kampus.

Baca Juga :   Mahasiswi Fisip Untad Terbitkan Buku di Masa Pandemi

Namun perlu dipahami kata rektor, kerapkali realita di lapangan tidak sama persis dengan teori yang diterima di dalam kampus, tapi sebagai seorang terpelajar, harus bisa menyesuaikan diri antara realita di lapangan dengan ilmu yang diterima di dalam kampus.

Apalagi selama melaksanakan PPL, mampu menunjukan kinerja yang bagus, tidak menutup kemungkinan akan dilirik oleh pimpinan perusahaan atau instansi. “Jangan main-main di lapangan, carilah ilmu dan pengalaman di sana, bekerjalah dengan baik. Apalagi sampai dilirik oleh pimpinan di sana. Lebih bagus lagi itu, karena langsung kerja,”ujar rektor, di Gedung Islamic Center Unismuh Palu. Rabu (8/9/2021).

Kata rektor, berdasarkan pengalaman dirinya selama ini, tidak sedikit peserta PPL dari Unismuh Palu itu langsung terserap di lapangan kerja setelah selesai dari PPL, karena kantor atau perusahaan tempat mereka bekerja itu yang menawarkan agar mahasiswa tersebut langsung bekerja di tempat itu, karena melihat hasil kinerja mahasiswa bersangkutan.

Baca Juga :   Jelang PTM, SMPN 1 Palu Kerja Bakti Bersihkan Lingkungan Sekolah

Sementara itu, Dekan FAI Unismuh Palu, Muhammad Rizal Masdul juga menitipkan pesan kepada para mahasiswa, bahwa ada empat kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang peserta PPL, yakni  Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Profesional  dan Kompetensi Sosial. “Pada saat di lapangkan, jangan menggurui pembimbing atau pamong. Tapi tunjukan bahwa anda di lapangan itu sebagai orang yang mencari nilai dan keterampilan sebagai bekal anda nanti setelah sebagai seorang sarjana, pahami psikologi pamong,”pesan dekan. ENG

Komentar

News Feed