oleh

Tanpa Rekening Himbara, Tetap Terima BSU

-Ekonomi-dibaca 127 kali

SULTENG RAYA – Bantuan Subsidi Upah (BSU) tahap 4 untuk pekerja di daerah ditetapkan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 segera cair.

Pencairan BSU 2021 tersebut atas kerja sama Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) RI berkerja sama dengan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Adapun bank yang terhimpun dalam Himbara, yakni BRI,BNI, BTN, Mandiri, dan BSI (khusus untuk pekerja di Aceh).

Lalu bagaimana dengan penerima BSU yang memenuhi Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 16 Tahun 2021 tentang perubahan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 14 Tahun 2020 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah berupa Subsidi Gaji/Upah bagi Pekerja/Buruh dalam Penanganan Dampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), namun tidak memiliki rekening bank Himbara, seperti BCA, BSI, Mualamat, BPD dan sebagainya? Apakah tetap bisa mendapatkan BSU?

Baca Juga :   Telkomsel Pastikan Kesiapan Jaringan Broadband dan Layanan Digital Terdepan

Kepala Kantor Cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan) atau kini dipanggil BPJamsostek Palu, Raden Harry Agung Cahya, mengatakan, berdasarkan informasi diterima dari pusat, pekerja yang memenuhi syarat penerima BSU berdasarkan Permenaker 16/2021, namun tidak memiliki rekening bank Himbara, tetap akan menerima BSU. 

“Namun, teknisnya akan dibuatkan rekening Himbara secara kolektif oleh Pemerintah Pusat melalui Kemnaker RI,” kata Raden Harry, Senin (6/9/2021).

Menurutnya, BSU 2020 dan BSU 2021 berbeda, baik persyaratan maupun teknisnya. Pada BSU 2020, data pekerja calon penerima BSU diminta dari kantor cabang BPJamsostek di daerah. Sedangkan BSU 2021, data calon penerima BSU berdasarkan data penerima BSU 2020, namun disortir, khususnya yang memenuhi syarat Permenaker 16/2021.

Baca Juga :   Pasca Rights Issue Aset BRI Akan Jadi yang Terbesar

“Bagi pekerja di Kota Palu, yang memenuhi syarat berdasarkan Permenaker Nomor 16 Tahun 2021, bisa mengecek langsung ke alamat website www.bsu.kemenaker.go.id atau melalui Instagram Kemnaker,” katanya.

Sebagai informasi tambahan, dalam Permenaker 16/2021,  BSU diberikan dalam bentuk uang sebesar Rp500 ribu per bulan selama dua bulan, dibayarkan sekaligus.

Adapun syarat calon penerima BSU tahun 2021 sesuai Permenaker Nomor 14 Tahun 2021, yakni warga negara Indonesia dibuktikan dengan kepemilikan nomor induk kependudukan, peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan bulan Juni 2021. 

Kemudian, mempunyai gaji/upah paling banyak sebesar Rp 3,5 juta per bulan, bekerja di wilayah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 3 dan level 4 yang ditetapkan oleh Pemerintah. HGA

Komentar

News Feed