oleh

Menjanjikan, Omset Bisnis Ikan Asin di Mamboro Capai Rp400 Juta

-Kota Palu-dibaca 76 kali

SULTENG RAYA – Pengusaha ikan asin asal Kelurahan Mamboro, Kecamatan Palu Utara, Andi Megawati, mengatakan, ikan asin menjadi bisnis cukup menjanjikan.

Bahkan omsetnya tidak main-main, bisa mencapai Rp400 juta dalam sekali pengiriman.  

“Kalau per kilo (kilogram, red) harga ikan tembang itu mencapai Rp25.000 sampai Rp27.000, sedangkan ikan rono per kilo mencapai Rp55.000 sampai Rp60.000. Biasanya kita bisa mengirim sembilan ton dalam sekali transaksi dan dalam sebulan hingga empat kali pengiriman,” kata Andi Megawati kepada Sulteng Raya, Rabu (8/9/2021).

Mega mengatakan, dalam sekali penjemuran ikan asin bisa mencapai 700 kilogram sampai satu ton, tergantung cuaca. Jika cuaca bagus, kata dia, dalam dua hari bisa mencapai dua ton ikan.

Baca Juga :   PERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW, KWSLP Gelar Ngaji dan Sholawatan Hingga Santuni Anak Yatim

Bisnis ikan asin milik Andi Megawati pun sudah diakui konsumen luar daerah.

“Kita sudah punya konsumen di luar Kota, karena sudah langganan sejak masih di pegang oleh nenek saya,” tuturnya.

Ia menjelaskan, ikan asin produksinya biasa dikirim ke luar daerah seperti Surabaya, Jakarta, Makassar dan Kupang. Bahkan, Kupang menjadi daerah dengan permintaan ikan asin tertinggi mencapai sembilan ton sekali pengiriman. Tidak heran, produksi ikan asin miliknya tiap hari terus bertambah seiring permintaan dari luar kota.

“Bisnis ini cukup menjanjikan dan stabil omsetnya karena tidak terpengaruh cuaca. Di tengah musim penghujan seperti saat ini tidak ada penurunan omset. Hanya saja, penjemuran yang biasanya dapat dilakukan satu hingga dua hari, saat musim penghujan membutuhkan waktu hingga empat sampai lima hari,” tuturnya. NDY

Komentar

News Feed