oleh

Diskominfo Sosialisasi Pengembangan Website Kabupaten Donggala

SULTENG RAYA – Untuk mengefektifkan pengelolaan informasi, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Donggala melaksanakan pelatihan dan sosialisasi pengembangan website kab.donggala.go.id. di Aula Kasiromu kantor Bupati Donggala, Selasa (7/9/2021).

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Donggala, Anhar menjelaskan, zaman revolusi industri 4.0 teknologi informasi sudah berkembang pesat. Bahkan, merubah kebiasaan hidup masyarakat.

“Olehnya kita sudah harus melek teknologi, dan memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat,” ucapnya.

Anhar menuturkan, latar belakang dilaksanakannya kegiatan ini antara lain yaitu pertama Pemda Donggala telah ada dan perlu dimanfaatkan website tersebut seoptimal mungkin, kedua pengembangan pelayanan publik dan komunikasi publik berbasis elektronik yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat dan ketiga perlu adanya sumber daya dari pada pengelola pengembangan website di setiap OPD dan bagian, sehingga dapat dimanfaatkan secara maksimal dalam setiap aktivitas OPD dan bagian.

Baca Juga :   Bupati Donggala Panen Padi di Desa Bambarimi

Adapun dasar pelaksanaan kegiatan antara lain yaitu pertama UU No.11 tahun 2008 tentang informasi dan Peraturan Bupati Donggala No.14 tahun 2020 tentang pelaksanaan sistem pemerintah berbasis elektronik. Dimana tujuan pelatihan dan sosialisasi yaitu agar OPD dan bagian dapat menggunakan website kab.donggala.go.id. dalam setiap aktivitas publik dan komunikasi, dan setiap operator OPD dan bagian selalu mengapdet informasi terbaru terkait kegiatan di OPD dan bagian di website kab.donggala.go.id.

Sementara, Sekretaris Kabupaten Donggala, Rustam Efendi menjelaskan, seluruh OPD yang ada di Kabupaten Donggala sudah harus memanfaatkan sistem digital untuk mengelola informasi.

“OPD harus mampu memanfaatkan teknologi untuk mengelola informasi secara efektif. Jadi mulai sekarang sudah harus merubah mindset, dan lebih welcome dengan teknologi, khususnya dalam memanfaatkan website Kabupaten Donggala untuk memberikan informasi kepada masyarakat,” tegasnya.

Baca Juga :   MDMC Beri Penguatan Pusdalops PB di Donggala

Lebih lanjut kata dia, pimpinan Kabupaten Donggala kalah cepat mendapat informasi mengenai persoalan di tingkat OPD dengan media.

“Kami sangat kalah cepat mendapat informasi terkait persoalan OPD. Kaget-keget kami sudah terima informasi melalui media bahwa ada persoalan di OPD ini dan itu,” jelasnya.

Salah satu contohnya kata dia, mengenai data jumlah guru yang sudah divaksin sampai saat ini juga pimpinan belum mengetahui secara pasti. Mestinya, data-data itu sudah bisa diakses dengan mudah melalui sistem digital, sehingga pimpinan bisa mengetahui secara cepat dan akurat progres kerja dan kinerja masing-masing OPD setiap harinya.

“Saya juga menantang Dinas Pemerintahan Masyarkaat dan Desa, untuk melakukan pemilihan Kades menggunakan teknologi. Saya yakin biayanya sangat murah dan efesien,” ucapnya.

Menurutnya, OPD berkewajiban mempublis setiap kegiatannya melalui website resmi Kabupaten Donggala sebagai pertanggungjawaban atas penggunaan APBD.

Baca Juga :   Pengadilan Negeri Donggala Luncurkan Layanan Aplikasi “Bu Santi”

“Jadi OPD tidak hanya bertanggungjawab untuk melaporkan laporan pertanggungjawaban terhadap pimpinan daerah, tetapi juga kepada wartawan. Karena informasi penggunaan anggaran itu adalah hak dari masyarakat, sebagai bentuk pertanggungjawaban publik,” katanya.

Dengan begitu kata dia, Kominfo dapat memilah informasi mana yang boleh dipublis dan informasi mana saja yang masih perlu pengecualiaan. Itu sudah tugas Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) sebagai pihak yang bertanggungjawab atas informasi daerah.

“Dengan adanya website ini, informasi pemerintah daerah bisa terang benderang tidak berbenturan antara satu sumber dengan sumber lain, karena satu sumber informasinya. Jadi saya minta setiap OPD harus ada yang mampu membuat rilis yang bisa dikirim ke media, agar program-program kerja pemerintah juga bisa diketahui oleh masyarakat luas,” tegas Rustam. ADK

Komentar

News Feed