oleh

DKP Latih Ibu-ibu Olah Ikan di Lima Desa Parmout

SULTENG RAYA – Pemerintah Sulawesi Tengah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sulteng  bersinergi dengan Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu melakukan pelatihan pengolahan ikan menjadi beragam varian kepada ibu-ibu pesisir pantai di lima desa di Parigi Moutong (Parmout).

Kepala Seksi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan, DKP Sulteng, Erlin mengatakan, program tersebut sejatinya adalah program pada Mei 2021, namun terkendala Covid-19, akhirnya dilakukan pelaksanaannya pada Juli dan Agustus kemarin. Kelima desat itu yakni Desa Posona, Desa Kasimbar Induk, Desa Kasimbar Barat, Desa Kasimbar Selatan, dan Desa Laemanta.

Dikatakannya, kegiatan pembinaan tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada para ibu-ibu agar lebih inovatif dalam mengelolah hasil tangkapan untuk menaikkan nilai ekonomi dari ikan tersebut.

Baca Juga :   Satreskrim Polres Parmout Bekuk Komplotan Curanmor

“Hasil dari itu, mereka memiliki banyak produk olahan ikan seperti nugget, sambal teri, sambal roa, dan otak-otak,” katanya kepada Sulteng Raya, Selasa (7/9/2021).

Ia berharap dengan adanya pelatihan tersebut, para ibu-ibu pesisir dapat lebih berdaya. Sebab, saat ini, sangat banyak aneka olahan yang dijual dengan nilai ekonomi tinggi secara online maupun offline. Dengan pengetahuan tersebut, maka, mereka sudah memiliki referensi untuk mengembangkan usaha bersama maupun individu.

“Kita akan terus melakukan monitoring agar kedepannya, apa yang dilaksanakan (pelatihan) dapat benar-benar di jadikan referensi pengembangan usaha mereka. Kami optimis dengan adanya pelatihan-pelatihan seperti ini, ibu-ibu di Sulteng akan lebih produktif,” tutupnya. RHT

Komentar

News Feed