oleh

Usia Kandungan Belum 13 Pekan, Bumil Tidak Boleh Divaksin

-Kota Palu-dibaca 164 kali

SULTENG RAYA –Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menjadi salah satu lembaga ditugaskan Presiden RI melakukan percepatan vaksinasi, khususnya bagi ibu hamil (bumil), ibu menyusui dan anak usia 12-17 tahun melalui program vaksinasi keluarga.

Pencanangan program vaksinasi bumil perdana di Sulteng dilaksanakan di Kota Palu pada Senin (6/9/2021).

Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng, Maria Ernawati, mengatakan, setelah pencanangan, pelayanan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil dapat diakses di seluruh puskesmas Kota Palu. Namun, kata dia, tidak semua ibu hamil bisa divaksin, khususnya yang usia kandungannya belum cukup 13 pekan.

“Vaksinasi hanya bisa diberikan bagi ibu hamil yang memenuhi kriteria, salah satunya usia kehamilan di atas 13 minggu,” kata Kaper Erna, sapaan akrab Maria Ernawati saat launching vaksinasi Covid-19 bagi bumil di halaman Kantor Wali Kota Palu, Senin (6/9/2021).

Baca Juga :   Mendagri Apresiasi Penanganan Terorisme di Sulteng

Menurutnya, setelah pencanangan program vaksinasi bagi bumil di Kota Palu, dalam waktu dekat, pihaknya akan mencanangkan di 12 kabupaten lainnya. Ia berharap, program vaksinasi bagi ibu hamil di Sulteng berjalan lancar.

“Semoga kerjasama dan kolaborasi ini dapat terus berjalan dengan baik dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat serta mendukung pencapaian program pemerintah,“ kata Kaper Erna, sapaan akrab Maria Ernawati.

Khusus di Sulawesi Tengah, Perwakilan BKKBN Sulteng menargetkan 20.000 bumil ikut vaksinasi di seluruh kabupaten dan kota se-Sulteng.

“Program vaksinasi ibu hamil ini tentunya tidak dapat terealisasi tanpa adanya dukungan lintas sektoral dari berbagai pihak, baik pemerintah, organisasi profesi seperti POGI dan IBI, Dinas Kesehatan serta mitra kerja lainnya yang turut mendukung pelaksanaan program vaksinasi ini,” tuturnya.HGA

Komentar

News Feed