oleh

Sekkot Asri: Vaksinasi Bumil, Upaya Menjaga Generasi Penerus

-Kota Palu-dibaca 139 kali

SULTENG RAYA – Vaksinasi ibu hamil (bumil) di Kota Palu sudah dibolehkan, ditandai dengan pencanangan vaksinasi ibu hamil di halaman Kantor Wali Kota Palu, Senin (6/9/2021).

Bagi bumil ingin divaksin, silahkan datang ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) terdekat.

Wali Kota Palu diwakili Sekretaris Kota (Sekkot) Palu, Asri L Sawayah, mengatakan, vaksinasi ibu hamil adalah bentuk upaya untuk melindungi bumil terpapar Covid-19, sekaligus menjaga kesehatan generasi ke depan.

“Semua ini (vaksinasi bumil, red), terkait bagaimana generasi yang sekarang merawat dan menjaga Kota Palu untuk generasi berikutnya. Untuk ibu-ibu, vaksinasi ini juga berupa menjalankan amanah Tuhan yang telah mempercayakan kandungan kepada ibu. Semoga para ibu hamil dapat terhindar dari Covid-19 dan pencanangan pemberian vaksin kepada ibu hamil ini dapat memberi manfaat bagi kita,” kata Sekkot Asri.

Baca Juga :   SDN 1 Inpres Talise Siap Jalani PTM

Ia mengungkapkan, sejak Januari 2021 hingga Agustus 2021, bumil terkonfirmasi positif Covid-19 berjumlah 44 orang atau sebesar 0,9 persen dari total 4.774 bumil di Kota Palu.

“Saat ini, jumlah kematian ibu hamil di Kota Palu sampai dengan bulan Agustus 2021 ada 6 kasus, dengan ibu terkonfirmasi positif Covid-19 berjumlah 2 orang, yaitu 1 orang ibu hamil dan 1 orang ibu nifas,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng, Maria Ernawati, mengatakan, meski vaksinasi bagi bumil sudah dibolehkan, namun tidak semua ibu hamil bisa divaksin, khususnya yang usia kandungannya belum cukup 13 pekan.

“Vaksinasi hanya bisa diberikan bagi ibu hamil yang memenuhi kriteria, salah satunya usia kehamilan di atas 13 minggu,” kata Kaper Erna, sapaan akrab Maria Ernawati.

Baca Juga :   Wiwik: Direksi dan Komisaris Perusda Diharapkan Kerja Maksimal

Turut hadi, Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Euis bianca, Ketua Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Cabang Sulteng, dr John Kaput serta unsur forkompimda Kota Palu. HGA

Komentar

News Feed