oleh

Lulusan Unismuh Palu Diharapkan Jadi Mercusuar di Masyarakat

-Pendidikan-dibaca 306 kali

SULTENG RAYA- Lulusan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, diharapkan tidak tinggal di Manara Gading, namun berada di tengah-tengah masyarakat sebagai Mercusuar, pencerah dan menjadi solusi atas masalah yang ada di masyarakat.

Hal itu disampaikan Koordinator Kopertais Wilayah VIII Sulawesi, Maluku dan Papua, Prof Hamdan Juhannis MA PhD, saat menyampaikan sambutannya secara virtual pada Wisuda Sarjana ke-51 dan Pascasarjana ke-7, Senin (6/9/2021).

Oleh karena itu, kata Prof Hamdan, para mahasiswa dan lulusan Unismuh Palu, harus bisa memperbanyak literasi, sehingga memiliki kemampuan intelektual dan pemahaman agar mampu menjawab permasalahan yang ada di masyarakat.

“Jika ingin menjadi lulusan yang berbeda dari lulusan dari perguruan tinggi lain, harus bisa seperti itu,”pesan  Prof Hamdan.

Katanya begitu banyak persoalan sosial yang tengah dihadapi masyarakat saat ini, kehadiran para lulusan perguruan tinggi tersebut sangat diharapkan untuk menjawab dan memberikan solusi atas masalah-masalah sosial itu, termasuk didalamnya adalah persoalan kemiskinan. “Mungkin melalui pendekatan Ilmu Kewirausahaan atau Ekonomi kreatif,”ujarnya.

Sementara itu, Rektor Unismuh Palu, Dr. Rajindra, SE., MM mengungkapkan rasa syukur dan bahagianya atas terselenggaranya Wisuda Sarjana ke-51 dan Pascasarjana ke-7 yang melahirkan output berupa sarjana-sarjana yang kompeten di bidang masing-masing yang secara legal formal dapat dipertanggungjawabkan.

Baca Juga :   Kakan Kemenag Kota Palu Ajak Tenaga Pendidik MAN IC Palu Jadi Agen Moderasi Beragama

Sekaligus katanya, ini mencerminkan bahwa Unismuh Palu secara akademik sedang terjadi proses dinamis dalam pembelajaran yang kontinyu dan konsisten,  mengemban amanah konstitusi dalam bidang pendidikan guna mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana yang tertuang dalam Pasal 28 C ayat (1) UUD RI 1945 yang menegaskan bahwa setiap orang berhak mengembangkan diri melalui kebutuhan dasarnya, berhak mendapatkan pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya demi meningkatkan kualitas hidupnya untuk kesejahteraan umat manusia.

“Karenanya, sebagai perwujudan amanah konstitusi tersebut, Unismuh Palu senantiasa berkomitmen untuk tetap istiqomah di atas kepribadian dan khittahnya, tetap menjalin kerjasama dengan pemerintah dan seluruh komponen bangsa, demi terwujudnya insan yang cerdas dan kompetitif serta berakhlaq karimah yang dilandasi dengan nilai-nilai iman dan taqwa kepada Allah SWT,”ujar rektor.

Baca Juga :   PTMT SMPN 15 Palu Pisahkan Peserta Didik Sudah dan Belum Divaksin

“Dengan mengembangkan potensi diri yang telah Allah berikan sebagai wujud atau bentuk rasa syukur, bahwa gerakan pendidikan berkemajuan ini tetap istiqomah, berkiprah di jalan dakwah dan tajdid untuk mencerahkan umat, bangsa dan kemanusiaan semesta, dengan bersyukur, kita berharap Universitas Muhammadiyah Palu, meraih anugerah dan berkah yang lebih bermakna sebagaimana janji Allah SWT dalam Surah lbrahim ayat 7: Jika kamu bersyukur maka kami akan tambahkan (nikmat) kepadamu, jika kamu mengingkari maka sesungguhnya azabku sangatlah pedih,”ujarnya lagi.

Sebagai kontribusi Sumber daya manusia (SDM) berpendidikan bagi pembangunan bangsa dan negara. Pada upacara wisuda tersebut, Unismuh Palu mewisuda dan menganugerahkan ljazah kepada 294 lulusan, yang terdiri atas 29 lulusan bergelar Magister (S2), dan 265 lulusan bergelar Sarjana Strata Satu (S.1).

Lulusan yang diwisuda itu berasal dari 8 Fakultas dan Pascasarjana di lingkungan Unismuh Palu. Dari 294 orang wisudawan dan wisudawati itu, terdapat wisudawan dan wisudawati yang berprestasi, yaitu pada program Pascasarjana yakni Program Studi Magister Manajemen Pendidikan lslam wisudawan/ti yang berprestasi diraih oleh Amiruddin No. Stb 1919021 dengan IPK 3.93 dengan masa studi selama 1 Tahun 5 bulan.

Baca Juga :   LPM UIN DATOKARAMA PALU, Rekrut dan Tingkatkan Kemampuan Kapasitas Auditor Internal

Untuk Program Sarjana diraih oleh: Pertama; Program studi limu Hukum wisudawan/ti yang berprestasi diraih oleh Mutia Qisti No. Stb 1710341OS8 dengan IPK 3,93 dan masa studi selama 3 Tahun 4 bulan.

Kedua, pada Program Strata Satu (S.1) yakni Program Studi lImu Administrasi Negara wisudawan/ti yang berprestasi diraih oleh Husain No Stb. 1710752006 dengan IPK 3,92 dan masa studi selama 3 Tahun 4 bulan.

Ketiga untuk Program Strata Satu (S.1) yakni Program Studi Manajemen wisudawan/ti yang berprestasi diraih oleh Azwar A. No. Stb 1710411008 dan IPK 3,92 dan masa studi selama 3 Tahun 6 bulan.

“Sebagai bentuk penghargaan atas capaian yang telah diraih oleh wisudawan/ti berprestasi tersebut, maka tentunya kami memberikan reward kepada yang bersangkutan dengan harapan dapat menjadi spirit untuk tetap berprestasi dan juga sebagai cambuk/pendorong bagi mahasiswa yang sedang menjalani masa studinya,”ujar rektor. ENG

Komentar

News Feed