oleh

Evaluasi Penanganan Covid-19, Bupati Banggai Kunker di Tiga Kecamatan

-Kab. Banggai-dibaca 62 kali

SULTENG RAYA – Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin dan Wakil Bupati Banggai, Drs  Furqanuddin M melakukan kunjungan kerja dalam rangka pengarahan, pemantauan dan evaluasi kinerja penanganan Covid-19 ke sejumlah kecamatan, Jumat (3/9/2021). Kunjungan ini dilakukan untuk memastikan penanganan Covid-19 di Kecamatan berjalan dengan baik serta melakukan sinkronisasi data dan laporan Satgas Kabupaten dengan yang ada di lapangan.

Kecamatan yang dikunjungi oleh Bupati dan Wakil Bupati Banggai, diantaranya Kecamatan Luwuk Timur, Kecamatan Masama, dan Kecamatan Lamala.

Pada saat melakukan dialog bersama camat dan kepala desa di tiga kecamatan tersebut, bupati mengecek secara detail penanganan Covid-19 sampai di tingkat desa bahkan dusun.

“Saya berharap pada saat penetapan level PPKM nanti, Kabupaten Banggai bisa turun level menjadi level 2, sehingga kita tidak lagi menutup sektor-sektor ekonomi. Oleh sebab itu, kepada bapak-ibu camat sampai jajarannya yang paling bawah untuk fokus dalam penanganan Covid-19. Sosialisasikan pemakaian masker kepada masyarakat, sosialisasikan protokol kesehatan. Hal-hal kecil seperti ini minimal yang bapak ibu camat lakukan, pemakaian masker diusahakan menjadi budaya baru dalam masyarakat,” kata bupati.

Baca Juga :   Kapolres Banggai Berikan Nasi Tumpeng ke Personel Muda dan Tua

Bupati menambahkan, Covid-19 ini sangat mengganggu roda pemerintahan, mengganggu aktivitas masyarakat dan mengganggu perekonomian. Oleh sebab itu, bupati mengatakan, pihaknya turun langsung ke kecamatan untuk melihat dan menyampaikan kepada para camat dan kepala desa bahwa Covid-19 adalah persoalan serius yang harus  ditangani sebagai skala prioritas.

“Begitu banyak program yang tertuang dalam visi misi kami yang telah dicanangkan, akan tetapi belum maksimal dikarenakan pandemi Covid-19 ini. Begitu juga banyak alokasi anggaran Pemerintah Pusat dalam menangani Pandemi Covid 19, puluhan bahkan ratusan Triliun, begitu banyak juga anggaran daerah yang dialokasikan untuk Covid ini mencapai puluhan Miliar. Anggaran itu harusnya untuk pembangunan, akan tetapi direfocusing untuk penanganan Covid 19, demi menyelamatkan masyarakat kita dari pandemi,” jelas Bupati

Baca Juga :   Kapolres Dukung Atlet Berlaga di Kejuaraan Karate INKAI Banggai

“Bapak ibu camat, lurah, kepala desa harus betul- betul mau bekerja sama dalam membantu menurunkan angka Covid 19 di wilayahnya masing-masing. Saya berharap partisipasi bapak ibu sekalian untuk bersama sama kami untuk selalu melakukan edukasi, melakukan sosialisasi, sehingga masyarakat sadar akan Covid 19,” kata Bupati melanjutkan.

Menurut Bupati, dirinya bersama Wabup mempunyai begitu banyak program yang tertuang dalam visi misi pemerintahannya. Hanya saja, belum maksimal dilaksanakan karena adanya Covid-19. Olehnya, dia meminta kerja sama Camat dan kepala desa menurunkan level PPKM di Banggai, agar  bisa mewujudkan visi-misi pemerintah saat ini.

“Saya menekankan kembali bahwa visi-misi kami harus dijalankan, dan didukung oleh seluruh perangkat pemerintahan, baik itu OPD, Camat, Lurah, Kepala Desa bahkan sampai di tingkatan RT. Dalam melangkah kami tidak akan keluar dari visi misi, semua bantuan yang telah kami programkan baik bantuan sapi, bantuan bibit, bantuan untuk nelayan, bantuan untuk petani, jangan coba-coba diminta bayarannya atau di perjualbelikan,” tegas Bupati.

Baca Juga :   Bhabinkamtibmas Polsek Luwuk Salurkan Paket Sembako

“Apabila level PPKM kita sudah turun, Insya Allah kedepan kita akan lebih banyak bertemu, rencananya kita akan lebih banyak di lapangan. Mengapa? untuk memastikan program yang telah kita canangkan itu benar-benar tereksekusi dengan baik di lapangan serta benar benar sampai ke masyarakat,”jelasnya menambahkan. Dalam kunjungannya di tiga  kecamatan tersebut, Bupati dan Wakil Bupati serta Ketua Satgas Covid-19 menyalurkan bantuan sembako kepada camat untuk diteruskan kepada warga  yang melakukan isolasi mandiri. Kemudian bupati juga membagikan ribuan masker kepada para kades dan lurah untuk dibagi-bagikan kepada masyarakat. Pada kegiatan itu, Bupati dan Wakil Bupati Banggai didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Banggai Alfian Djibran, Kadis PMD Amin Jumail, Kepala BKPSDM Sofyan Datu Adam, Kasat Pol PP Suwitno Abusama serta Kabag Protokol Ferry R. Ledder bersama Staf. REY

Komentar

News Feed