oleh

Panglima TNI Apresiasi Penanganan Covid-19 di Sulteng

-Kesehatan-dibaca 86 kali

SULTENG RAYA – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto didampingi Kabaharkam Polri Drs. Arief Sulistyanto dan Kepala BNPB RI Mayjen TNI Ganif Warsito melaksanakan kunjungan kerja di Provinsi Sulawesi Tengah, Jum’at (3/9/2021).  Setiba di Bandara Mutiara SIS Al-Jufri, Rombongan Panglima TNI yang disambut Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura langsung meninjau pelaksanaan vaksinasi di Kantor Gubernur. Panglima TNI kemudian melaksanakan pertemuan secara langsung dan secara daring terkait pelaksanaan penanganan Covid-19 di Sulawesi Tengah .

Usai pertemuan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengapresiasi penanganan Covid 19 di Sulteng. Panglima meminta agar pelaksanaan protokol kesehatan jangan sampai kendor, Panglima juga meminta agar Pemprov Sulteng terus meningkatkan koordinasi tentang penanganan Covid sesuai arahan Presiden, agar dapat menurunkan indeks mobilitas, tingkatkan testing dan tracking, menyiapkan tempat isoter dan mempercepat pelaksanaan vaksinasi. Pada kesempatan itu, Panglima TNI juga mengapresiasi kebijakan gubernur dalam peningkatan kerjasama dengan TNI dan Polri tentang penanganan percepatan pemulihan Poso.

Baca Juga :   Dompet Dhuafa Bantu Pasien Isoman Lewat Program APDC

Sementara Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura  dalam laporannya kepada Panglima TNI mengatakan, bahwa saat ini Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan penanganan tiga bencana yakni, bencana kemanusiaan Poso, bencana alam Gempa Bumi, Tsunami, Likuefaksi tanggal 28 September 2018, dan bencana Covid-19.

Rusdy Mastura menyampaikan, untuk mempercepat penyelesaian bencana kemanusiaan Poso, Pemprov Sulteng mengambil kebijakan untuk memberikan dukungan kepada Polri sebesar Rp2 Miliar, dan TNI Rp1,6 Miliar untuk mendukung Operasi Madago Raya.

Sementara untuk mempercepat proses Rehab dan Rekon Dampak Bencana yang sudah berlangsung selama tiga tahun, belum ada penyelesaiannya sampai sekarang disebabkan terkendala dalam pengadaan tanah untuk pembangunan.

“Setelah kami dilantik, langsung mengambil kebijakan dalam percepatan Rehab dan Rekon dampak bencana dengan mengalokasikan anggaran sebesar Rp61,2 Miliar untuk menyelesaikan seluruh permasalahan pengadaan tanah,” katanya .

Baca Juga :   Dompet Dhuafa Bantu Pasien Isoman Lewat Program APDC

Selanjutnya, untuk penanganan bencana Covid -19, Pemprov Sulteng sudah melakukan langkah-langkah untuk mempercepat penurunan konfirmasi Covid -19. Pemprov memastikan seluruh instruksi Mendagri sudah berjalan baik di Kabupaten dan Kota bahkan sampai pada tingkat Desa dan Kelurahan.

Gubernur juga menyampaikan bahwa saat ini, berdasarkan laporan Pusdatina, penularan Covid di Sulteng sudah sangat menurun, dan angka peningkatan kesembuhan sudah sangat tinggi. Sementara pelaksanaan  Vaksinasi sudah mencapai 19,1  persen .

Dalam kunkernya ke Palu, Panglima TNI, Kabaharkam dan Kepala BNPB juga meninjau Aplikasi SILACAK yang dipergunakan oleh Puskesmas, Babinkantibmas dan Babinsa. Selain itu, Panglima TNI juga meresmikan Perumahan Cinta Kasih Suci yang dibangun Budha Tzuchi Kelurahan Tondo. *WAN

Komentar

News Feed