oleh

Gubernur Kukuhkan Pengurus KPA Sulteng Masa Bakti 2021-2024

-Kota Palu-dibaca 146 kali

SULTENG RAYA – Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura mengukuhkan pengurus Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Sulawesi Tengah masa bakti 2021-2024, di Ruang Polibu Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Kamis (2/9/2021).

Pengukuhan itu berdasarkan SK Gubernur nomor ; 443.05/147/KPAP-G.ST/2021 tertanggal 16 Juli 2021.

Karena situasi pandemi Covid-19, pengukuhan dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan dengan perwakilan 20 orang, sementara pengurus KPA lainnya dilakukan secara virtual di wilayah masing-masing.

Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada pengurus KPA masa bakti 2021-2024 yang baru dikukuhkan, dengan harapan amanah yang diberikan dapat dilaksanakan sebaik mungkin dan penuh tanggung jawab.

“Kami juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada para pengurus periode sebelumnya, yang telah tuntas melaksanakan tugas dan berkontribusi dalam pengendalian HIV AIDS di Sulawesi Tengah,”ujar Gubernur rusdy Mastura.

Baca Juga :   Pemkot Siap Dukung Metode Demplot

Menurut Gubernur, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, bahwa sejak Tahun 2002 sampai dengan bulan Desember tahun 2020, penemuan HIV secara kumulatif mencapai 2.178 orang atau 51% dari estimasi sejumlah 4.722.  Lebih dari 9% melalui hubungan seks beresiko serta homoseksual, sementara faktor usia rata-rata pada usia produktif.

Pengendalian HIV lanjut gubernur, memerlukan keterlibatan multisektor terutama peran dari KPA melalui program pengendalian HIV AIDS yang bertujuan menghentikan epidemi AIDS di Indonesia pada tahun 2023, dengan tugas khusus untuk menurunkan angka kematian dan diskriminasi terhadap orang-orang dengan HIV AIDS.

Gubernur menyatakan, sinergitas seluruh sektor pemerintah, organisasi profesi, lembaga swadaya masyarakat peduli,  dunia usaha hingga masyarakat maupun mereka yang terinfeksi dan terdampak HIV AIDS mutlak diperlukan guna meningkatkan kepedulian dan dukungan dalam penanggulangan HIV AIDS, agar laju HIV AIDS dapat terkendali.

Baca Juga :   Nasana Community Akan Laksanakan Kajian kebencanaan

“Kepada pengurus KPA provinsi yang baru dikukuhkan, mari kita bersama-sama menyatukan tekad dan langkah mengendalikan HIV AIDS menuju masyarakat yang lebih sehat, lebih indah dan lebih maju,” tegas gubernur mengakhir sambutannya. *WAN

Komentar

News Feed