oleh

Mengurangi Sampah Plastik, DLH Dorong Penggunaan KBRL

-Kota Palu-dibaca 124 kali

SULTENG RAYA – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palu mendorong para pelaku usaha dan konsumen atau masyarakat untuk menggunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan (KBRL)untuk mengurangi pemakaian kantong plastik.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah DLH Kota Palu, Hisyam Baba, mengatakan, untuk mengurangi sampah plastik, pihak DLH  bersama yayasan IBU Foundation saat ini tengah menyusun draf  persiapan Peraturan Wali Kota Palu tentang  Pengurangan Penggunaan Sampah Plastik di Kota Palu.

“Jadi, kami meminta bantuan dari NGO untuk menyusun bersama, agar Perwali ini bisa cepat selesai. Target kami untuk Perwali ini bisa disetujui oleh Wali Kota Palu dan juga dapat disetujui oleh Pemerintah Sulteng. Nantinya, sebelum HUT Kota Palu, rencana Perwali ini sudah ditandatangani oleh Wali Kota Palu dan sudah dapat dilaksanakan,” kata Hisyam Baba, Kamis (2/9/2021).

Baca Juga :   PERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW, LPKA Palu Harap Andik Dapat Meneladani Akhlak Rasullullah

Ia menjelaskan, Perwali tersebut sejalan dengan agenda besar DLH pada akhir 2021 sampai 2024 mendatang, ada dua strategi terfokus DLH Kota Palu, yakni pengurangan sampah dan penanganan sampah.

Pihaknya berharap, para pelaku usaha atau para produsen pusat-pusat belanja dapat menyediakan KBRL, tentunya hal itu harus dilakukan secara bertahap, tetapi minimal sosialisasi terus dilaksanakan melalui Perwali.

“Nah, di dalam Perwali ini rencananya akan diatur hak dan kewajiban untuk melakukan pembatasan penggunaan sampah plastik. Bahkan, rencananya  akan ada sanksi administratif yang diberikan mulai dari surat teguran tertulis, denda berupa uang hingga pencabutan izin usaha. Selain itu, dalam Perwali ini nantinya juga terdapat tugas dari OPD terkait dalam hal pengurangan sampah,” jelasnya.ULU

Komentar

News Feed