oleh

Serahkan BPUM, Bupati ke Pelaku Usaha: Semoga Meringankan Beban

-Kab. Banggai-dibaca 126 kali

SULTENG RAYA – Bupati Banggai, Amirudin menyerahkan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) secara simbolis kepada pelaku usaha mikro Kabupaten Banggai di Pelataran Kantor Cabang BRI Luwuk, Rabu (1/09/2021).
Dengan disalurkannya BPUM, Bupati Banggai berharap penerima atau pelaku usaha mikro betul betul dapat memanfaatkan sebagai modal usaha produktif tambahan, sehingga usaha mikronya kembali bangkit di masa pandemi Covid-19.
“Kita wajib bersyukur, karena bantuan langsung dari Pemerintah Pusat ini bisa langsung dirasakan oleh pelaku usaha mikro kita, mudah mudahan ini bisa dimanfaatkan untuk meringankan beban pelaku usaha mikro,” katanya.
Dalam kesempatan itu juga, Bupati menegaskan agar diketahui oleh pelaku usaha mikro, bahwa BPUM adalah bantuan dana hibah produktif bukan pinjaman. BPUM tanpa potongan dan diterima secara tunai melalui rekening masing-masing pelaku usaha mikro.
“Inilah yang perlu diketahui, jangam sampai kedepan ada kecurangan atau ada oknum yang memanfaatkan ini untuk mengambil keuntungan karena sifatnya tidak ada potongan sma sekali,” jelas Bupati.
Sementara itu Kadis Koperasi, Ernaini Mustatim, mengatakan, BPUM disalurkan untuk membantu dan menjaga keberlangsungan usaha pelaku usaha mikro, yang dari tahun lalu terdampak pandemi.
Adapun data penerima bantuan Kabupaten Banggai 2021, penerima BPUM mengalami kenaikan, 2020 sebanyak 8.925 usaha mikro dengan nominal Rp2,4 juta per usaha, sementara 2021 mengakomodasi 16.171 usaha mikro, dengan nominal Rp1,2 juta per usaha mikro.
Data keseluruhan bersumber dari beberapa lembaga pengusul termasuk Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Banggai. Untuk data Penerima dari Dinas Koperasi dan UKM sebanyak 5.046 usaha mikro, sisanya 11.125 bersumber dari beberapa lembaga pengusul lainnya.*/REY

Baca Juga :   Bupati Banggai Lepas Kontingen Utsawa Dharma Gita

Komentar

News Feed