oleh

Vaksinasi Lansia Harus Terus Digenjot

-Kesehatan-dibaca 99 kali

SULTENG RAYA – Direktur P2 Penyakit Menular Langsung sekaligus Jubir Vaksin Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dr Siti Nadia Tarmizi, meminta kepada seluruh elemen pemerintah untuk percepatan vaksinasi kelompok rentan lansia.

Hal tersebut untuk memitigasi dan menekan angka kematian pada penanganan Covid-19. Sebab, selama ini, yang mendominasi angka kematian yakni kelompok-kelompok rentan seperti lansia dan masyarakat yang memiliki komorbid.

“Meskipun sebelumnya ada keterlambatan distribusi vaksin, namun dapat dipastikan Indonesia kembali menerima jutaan dosis vaksin. Nantinya, kami berharap agar kelompok rentan seperti lansia menjadi prioritas pemerintah daerah,” katanya dalam sebuah Webinar bertema ‘Peran Pers Dalam Perubahan Perilaku Masyarakat di Era Vaksinasi Covid-19’ belum lama ini.

Saat ini, kata dia, vaksinasi lansian terus dilakukan dengan pengakses sebanyak 5.231.861 dosis pada vaksinasi tahap satu, dan 3.710.876 dosis pada tahap dua.

“Dengan demikian, hal ini masih perlu ditingkatkan lagi. Kita terus berupaya melakukan imbauan-imbauan yang menggugah kita bersama-sama seluruh pemerintah di Indonesia agar melakukan vaksinasi,” katanya.

Tidak lupa juga, untuk masyarakat yang telah di vaksin, ia mengimbau agar tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang sudah familiar diganungkan yakni menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, mengurangi mobilitas, dan menjauhi kerumunan atau biasa disebut ‘5M’.

“Semoga Indonesia dapat terbebas dari Covid-19 dan kita akan menjalani aktivitas sehari-hari seperti biasa,” tutup. RHT

Komentar

News Feed