oleh

Simak! Tips dr Rudy Kurniawan Mengatasi Pasien Long Covid

-Kesehatan-dibaca 98 kali

SULTENG RAYA – Beberapa masyarakat di Indonesia dalam catatan medis penanganan Covid-19 mengalami gangguan keberlanjutan pasca pulih dari Covid-19.

Kondisi tersebut dikenal dengan istilah long covid, artinya dampak berkepanjangan akibat terinfeksi Covid-19.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam sekaligus Founder Sobat Diabet, dr Rudy Kurniawan, mengatakan, penanangan pada penyitas long covid pada dasarnya beragam, tergantung dari individu dan respon tubuh.

Namun demikian, ada penanganan yang paling umum yang bisa dilaksanakan penyintas long covid.

“Penanganan tergantung masing-masing individu. Tapi kita harus pastikan juga untuk menjalankan aktivitas yang sehat seperti olahraga teratur, menjaga makan secara sehat,” kata  dr Rudy Kurniawan dalam sebuah webinar belum lama ini.

Ia merekomendasikan soal pola makan sehat  dan dianjurkan banyak pihak, termasuk Pemerintah. Hal itu akan membantu memberikan respon imun yang terbaik terhadap pemulihan long covid.

“Kemenkes mengajurkan pada pola makan kita, setengah porsi sayur dan buah, seperepat karbohidrat, seperempat sisanya adalah protein dan lemak, membatasi Gula Garam Minyak (GGL),” katanya.

Sejumlah terapi juga ia anjurkan untuk para penyintas. Ia berharap, dengan adanya pola-pola yang diedukasikan, dapat membantu masyarakat Indonesia khususnya penyintas long covid agar pulih secara total.

“Secara spesifik ada beberapa latihan yang bisa kita lakukan untuk menangani long covid, dari segi pernapasan, itu ada beberapa latihan yang di prakarsai tim rehabilitasi medik maupun dari dokter penyakit dalam menyatakan bahwa latihan pernapasan secara terstruktur bisa mengurangi gejala covid hingga 50 persen,” katanya. RHT

Komentar

News Feed