oleh

Tingkatkan PAD Melalui Laboratorium Lingkungan

SULTENG RAYA – Kepala Dinas (Kadis) Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Donggala, Hermanto berupaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Donggala melalui pembenahan laboratorium lingkungan.

Hermanto menegaskan, di bawah komandonya ia bertekad menaikkan PAD. Salah satu wujud nyata dalam mendongkrak PAD di dinas yang mengurusi kebersihan dan pertambangan itu adalah memperbaiki kualitas Laboratorium Lingkungan.

“Sejak dipercayakan menjabat Kadis DLH, konsentrasi saya selain menangani persampahan adalah memperbaiki Laboratorium Lingkungan, setelah saya kros cek ternyata pendapatan Laboratorium Lingkungan ini hanya Rp100 juta pertahun,” kata Hermanto, Selasa (31/8/2021).

Menurutnya, pemikiran sederhana ini memiliki prospek luar biasa, ia bertekad memperbaiki sistem kerja laboratorium Lingkungan tersebut. “Konsep saya memang terlihat sederhana, tetapi manfaatnya kedepan itu luar biasa, ini salah satu rancangan proyej perubahan saya memberi nama Laboratorium “Mabelo” (maju, berdaya saing, energik, laba dan obyektif) Isempa maipiapa,”sebutnya.

Baca Juga :   Pelabuhan Baru Donggala Diharap Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Dijelaskannya lagi, Laboratorium Lingkungan “Mabelo” Isemapa Maipiapa adalah dua kata bersumber dari bahasa daearh yang secara demografi mempersentasekan suku, Mabelo yang berarti Maju, Berdaya saing, energik, laba dan obyektif, sedangkan isemapa maipiapa adalah slogan Pemerintah Donggala kalau bukan kita siapa lagi dan kalau bukan sekarang kapan lagi.

“Spirit dari dua kata di atas menjadikan laboratorium DLH Maju dalam pelayanan, berdaya saing dalam kualitas, memiliki SDM yang energik, organisasi yang lincah berorientasi kepada Laba dan jasa layanan  (sumber PAD) khusunya kegaiatan Tambang batuan,“ jelasnya.

“Laboratorium Mabelo isemapa maipiapa ini juga nantinya lebih obyektif dalam melakukan uji kualitas Lingkungan dengan parameter tertentu, jika bukan kita yang melaksanakan (berkontribusi kepada daearh) siapa lagi, dan jika tidak sekarang dilaksanakan (Optimalisasi uji kualitas Lingkungan) kapan lagi,“ jelasnya dengan nada bersemangat.

Baca Juga :   Peserta Diharapkan Miliki Daya Tangkal dan Jadi Role Model

Hermanto menambahkan, konsep memajukan Laboratorium Mabelo isemapa maipia ini nanti akan dipersentasekan LAN (lembaga administarsi negara) Makassar.

“Konsep Laboratorium ini proper (evaluasi kinerja) saya dalam rangka PKN (pelatihan kepemimpinan Nasional) II 2021 LAN Makassar, semoga dengan konsep ini PAD meningkat utamanya dari sektor layanan jasa dan tentunya sebagai sumber pembiayaan dalam pembangunan daerah,” ujar mantan Sekdis Capil. ADK

Komentar

News Feed