oleh

Pemkot Palu Bakal Terbitkan Kartu Kendali Gas Melon

-Kota Palu-dibaca 138 kali

SULTENG RAYA – Pemerintah Kota (Pemkot) Palu bakal menerbitkan kartu kendali khusus bagi warga kurang mampu untuk pembelian gas Elpiji 3 kg, sehingga peredaran gas melon terdebut dapat dikendalikan dan tepat sasaran.

Kabag Ekonomi Setda Kota Palu, Fadel H Saman, mengatakan secara teknis, data warga yang berhak menerima kartu tersebut, bakal dicocokkan dengan data Dinas Sosial Kota Palu. Rencananya kartu kendali diberlakukan mulai awal tahun depan.

“Nanti setiap warga yang ingin membeli gas Elpiji 3 Kg, harus menunjukkan kartu tersebut. Kartu ini juga masih tahap uji coba di empat kecamatan, yakni Palu Barat, Palu Selatan, Palu Timur dan kecamatan Palu Utara,” kata Kabag Fadel di sela-sela inspeksi mendadak (sidak) bersama satuan tugas (Satgas) gabungan Pemkot Palu ke sejumlah pangkalan tabung gas Elpiji di Kota Palu, Senin (30/8/2021).

Baca Juga :   Ketua Satgas Pantau Rapat Penanganan COVID-19 se-Sulteng

Pada sidak kali ini, Satgas yang terdiri dari Satpol PP Kota Palu, Bagian Ekonomi Setda Kota Palu dan Polres Palu menyiduk oknum pelaku usaha melakukan penimbunan tabung gas Elpiji 3 Kg di Jalan Tanjung Manimbaya, Kelurahan Tatura Utara, Kota Palu.

Tabung gas tersebut disembunyikan di tumpukan ban bekas sekitar pekarangan rumah sebanyak 24 tabung, 11 tabung berisi pun langsung disita para petugas.

“Sidak kali ini dilakukan berdasarkan surat edaran Wali kota Palu, dimana pangkalan tidak diperkenankan menyalurkan tabung subsidi kepada pengecer. Kita turun lapangan untuk memastikan itu. Dan ternyata saat dilakukan Sidak, banyak ditemukan penjual di kios,” ujarnya.

Surat edaran itu, katanya, sudah diinformasikan kepada pihak pangkalan agar peredaran Elpiji 3 Kg sampai pada target penjualan dan para pelanggar akan diberikan sanksi pencabutan izin usaha.

Baca Juga :   Daya Beli Turun, Penjualan Barang Elektronik Jadi Lesuh

“Gas Elpiji 3 Kg itu kan untuk warga kurang mampu. Makanya kita melakukan pengecekan dan sanksinya itu pencabutan izin usaha kalau sampai kedapatan,” katanya. HGA

Komentar

News Feed