oleh

Mampu Beradaptasi, Kunci Eksistensi Media

SULTENG RAYA Perayaan HUT ke-59 Harian Mercusuar berlangsung sederhana dengan doa bersama dan pemotongan tumpeng yang dihadiri karyawan dan karyawati serta manajemen Trimedia Group.

Pada kesempatan itu, Pimpinan Umum Trimedia Group, Tri Putra Toana, membagikan kunci sukses Harian Mercusuar tetap bertahan hingga detik ini yakni kemampuan beradaptasi dalam segala situasi.

“Berdasarkan Teori Darwin, bahwa yang mampu bertahan itu bukan yang kuat tetapi yang mampu beradaptasi dengan kondisi,” tuturnya, Selasa (31/8/2021) .

Tri Putra menyampaikan, apabila hanya mengandalkan kekuatan saja itu tidak akan cukup. Sebab saat ini, kata dia, banyak bisnis yang hancur karena hanya kuat modal. Menurutnya, kunci bisnis mampu bertahan yaitu harus mampu beradaptasi dan menerapkan sharing ekonomiatau ekonomi berbagi.

Harian Mercusuar mampu bertahan juga dikarenakan dukungan dari karyawan dan karyawati serta manajemen Trimedia Group. Menurut Tri Putra, kunci sukses suatu usaha yakni ketika menjadikannya sebagai milik bersama bukan hanya milik owner. Sebab, saat ini banyak usaha yang mempraktikkan hanya kepemilikan owner tidak mampu bertahan lama.

“Karena sekarang yang banyak itu ekonomi berbagi atau sharing ekonomi. Jadi rata, usaha bukan hanya milik owner tetapi milik bersama dengan karyawan. Bahkan ilmu itu sudah dilakukan sejak zaman Rasulullah. Itulah adaptasi di peradaban bisnis abad 21, kemampuan beradaptasi bukan karena kuat,” ujarnya.

“Saya juga menganut paham kedaulatan Allah SWT. Ini yang sudah berkali-kali membuktikan. Bangkitnya dulu Mercusuar karena kedaulatan Allah SWT. Artinya kalau Allah yang kehendaki apapun jadi. Kita mengenal kedaulatan rakyat, tapi sesungguhnya yang paling tinggi adalah kedaulatan tuhan,” tuturnya. NDY

Komentar

News Feed