oleh

Jokowi Akan Beri Dukungan Khusus Percepatan Pembangunan Sulteng

-Kota Palu-dibaca 110 kali

SULTENG RAYA – Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura, diundang khusus Presiden RI Joko Widodo ke Istana Negara, Senin (30/8/2021).

Kunjungan Gubernur Sulawesi Tengah ke Jakarta, merupakan kunjungan yang sangat istimewa,  karena secara tiba -tiba gubernur dihubungi Menteri Sekretaris Negara, diminta Presiden RI Joko Widodo untuk bisa menghadap di Istana Negara.

Saat bertemu presiden Joko Widodo, Gubernur Rusdy Mastura, menyampaikan terkait kebijakan percepatan rehab dan rekon dampak bencana alam Provinsi Sulawesi Tengah. Gubernur juga melaporkan tentang kebijakan dukungan untuk penyelesaian Bencana Sosial Poso dengan memberikan dukungan terhadap Operasi Madago Raya.

Terkait penanganan Covid-19, Gubernur melaporkan kepada Presiden RI tentang berbagai upaya dilakukan untuk mempercepat penurunan kasus Covid -19 di Sulawesi Tengah. Kebijakan gubernur tentang pemberian hadian kepada Lurah dan Kepala Desa yang berprestasi dalam penanganan Covid yakni 1 unit motor. Selanjutnya, memastikan Intruksi Mendagri berjalan baik di kabupaten/Kota sampai ke desa dan kelurahan, juga kebijakan gubernur dalam pemulihan ekonomi masyarakat akibat Pandemi Covid.

Baca Juga :   Bulog Optimis Produknya Makin Dipercaya Masyarakat

 Gubernur menyampaikan ucapan terima kasih atas kebijakan presiden terkait pemulihan ekonomi  yakni penyaluran Kredit UMKM dengan bunga rendah yang berlaku sampai bulan maret serta banyak insentif dan bantuan langsung kepada masyarakat.

“Kami menyampaikan juga bahwa pertumbuhan perekonomian Sulawesi Tengah pada semester I dapat tumbuh sebesar 15 % lebih,”kata gubernur. 

Dalam dialog yang sangat santai, Presiden RI Joko Widodo meminta agar Gubernur Rusdy Mastura terus mengambil kebijakan untuk mempercepat rehab dan rekon dampak bencana Alam Sulawesi Tengah. Presiden juga meminta agar terus diberikan dukungan dalam penyelesaian bencana sosial Poso agar terwujud kedamaian di Poso, serta Presiden RI meminta penanganan Covid terus dilakukan dengan baik. Pada kesempatan itu, Presiden RI Joko Widodo menyampaikan akan memberikan dukungan khusus dalam percepatan pembangunan Provinsi Sulawesi Tengah.

Baca Juga :   Poktan Didorong Jadi Penangkar Benih Padi Varietas Unggul

Dalam kunjungannya ke Istana Negara, Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura juga bertemu dengan Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan serta Menko Polhutkam Mahfud MD.

Pada pertemuan tersebut, Gubernur meminta kepada Menko Maritim dan Investasi agar kondisi Sulawesi Tengah mendapat perhatian terkait dengan peningkatan fiskal dan peningkatan DBH atau insentif sebagai daerah penghasil tambang. Gubernur juga melaporkan kepada Menko Polhutkam terkait  kondisi Sulawesi Tengah, khususnya kondisi Poso. Gubernur sudah memberikan dukungan anggaran terhadap Operasi Madago Raya melalui Polri sebesar Rp2 Miliar serta TNI sebesar Rp1,6 Miliar. *WAN

Komentar

News Feed