oleh

Tugas Personel Polda Sulteng di Afrika Segera Berakhir

SULTENG RAYA – Satu tahun sudah personel Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) yang tergabung dalam misi perdamaian di Elfaser Sudan, Afrika menjalani tugasnya.

Diketahui, pada tanggal 5 September 2021 mendatang, tepat satu tahun sejak diberangkatkan pada tanggal 5 September 2020 lalu dari Bandara Internasional Soekarno Hatta yang dilepas oleh Kadiv Hubinter Polri, Irjen Pol Jhony Asadoma bersama 140 personel lainnya.

Sebanyak tujuh personel Polda Sulteng dipercaya menjalani misi perdamaian dunia di bawah Organisasi Internasional Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) atau United Nation (UN) dalam misi United Nation Mision In Darfur (UNAMID) di Sudan, Afrika.

Adapun ketujuh personel tersebut, masing-masing Iptu Gimanto dari satker Bid Propam Polda Sulteng, Iptu Bachdar, Bripka Henry Polaka, Brigadir Aswar dari satker Sat Brimobda Polda Sulteng, Aipda Candra Dunggio, Aipda Keroi Ludeng dari satker SPN Polda Sulteng dan Brigadir Muhammad Akbar Wiryandi dari satker Ditreskrimum Polda Sulteng.

Baca Juga :   Pemkot Siap Mengatualisasi Nilai Pancasila di Kota Palu

“Ini merupakan pencapaian luar biasa karena kami dari Polda Sulteng dapat mengirimkan personil terbaik untuk menjalankan misi perdamaian di El Faser Sudan Afrika Utara,” ucap Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes Pol Didik Supranoto, Jumat (27/8/2021) siang.

Kabid Humas menjelaskan, ketujuh personel asal Polda Sulteng tersebut tergabung dalam kontingen Satgas II Garuda Bhayangkara Indonesia Form Police Unit (FPU) 12 UNAMID di Elfaser Sudan Afrika.

Kabid Humas menuturkan, FPU Indonesia mempunyai tugas dan wewenang sesuai mandat misi PBB. “Tiga tugas utama FPU adalah melindungi personil dan fasilitas PBB, manajemen ketertiban umum serta mendukung kegiatan operasi Kepolisian di daerah misi,” jelasnya.

Lanjut Kabid Humas, FPU Garuda Bhayangkara Indonesia memiliki kemampuan seperti penanggulangan huru-hara, Search And Rescue (SAR), penjinakan bom, investigasi, intelijen kontra teroris, perlindungan Very Very Important Personel (VVIP), penembak jitu, komunikasi elektronik hingga memasak.

Baca Juga :   Ketum PTM Alitopan Club, Ingin Kerjasama Pemerintah dan Koni

“Pesan kepada tujuh personel yang bertugas di Elfaser Sudan, Afrika Utara agar menjalankan tugas secara profesional dan integritas. Tujuannya agar mereka mampu menjaga nama baik Indonesia juga Polri khususnya di mata dunia internasional,” harapnya. */YAT

Komentar

News Feed