oleh

Juara KSM Palu 2021 Diumumkan, MAN IC Sabet 6 Medali

-Kota Palu-dibaca 215 kali

SULTENG RAYA – Kemenag Kota Palu kembali melaksanakan lomba adu kecerdasan dan wawasan pengetahuan siswa madrasah dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kota Palu 2021.

KSM Tingkat Kota Palu resmi dibuka pada Jumat (20/8/2021) dan perlombaan dilaksanakan secara serentak di Kota Palu pada Sabtu (21/8/2021) hingga Senin (23/8/2021) pekan lalu.

Tahun ini, KSM diikuti 107 peserta, terdiri dari tingkat MI 30 orang, tingkat MTS 47 orang dan MA berjumlah 30 orang.

Setelah dilakukan penilaian dan peringkatan oleh juri, Kemenag Kota Palu secara resmi mengumumkan pemenang loma KSM 2021 pada Sabtu (28/8/2021).

Pejabat Pengawas Seksi Pendis Kemenag Kota Palu, Nurlaili, menjelaskan, berdasarkan Surat Keputusan Kakankemenag Nomor 217 Tahun 2021 tentang Penetapan Pemenang KSM Tingkat Kota Palu Tahun 2021,  secara rekapitulasi di tingkat MI, MIS Al-Muhajirin memperoleh 1 medali emas.

Baca Juga :   Pedagang Pasar Bulili Rugi Akibat Jalan Berlumpur

Kemudian, pada tingkat MTs yang terdiri dari 3 Mapel, MTsS Al-Muhajirin berada diposisi pertama dengan meraih 1 medali emas.

“Sedangkan perolehan medali emas ditingkat MA, ditempati MAN Insan Cendekia Kota Palu dengan menyabet 6 medali dari semua Mapel yang dilombakan, yakni 2 emas, 1 perak dan 3 perunggu. Sebanyak 107 siswa mulai jenjang Madrasah Ibtidaiyah hingga Madrasah Aliyah menjadi peserta pada KSM tahun ini, jumlah peserta tersebut menurun jika dibandingkan tahun  2020 dan tahun 2019 yang lalu,” urai Nurlaili.

Sebelumnya, KSM Tahun 2021 tingkat kabupaten dan kota kembali bergulir. Walau masih dalam masa pandemi, wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains itu resmi dibuka secara virtual Kepala Kantor Kementerian Agama (kakankemenag) Kota Palu, Nasruddin L Midu pada Jum’at (20/8/2021).

Baca Juga :   500 Calon Tenaga Kerja Magang Mulai Dilatih Bahasa Jepang

Kakankemenag Nasruddin mengatakan, situasi pandemi saat ini tidak menjadi halangan dan mematahkan semangat para siswa peserta KSM tingkat Kota Palu untuk mengikuti ajang tersebut.

“Kita tetap harus mengikuti anjuran pemerintah melalui surat edaran Wali Kota Palu tentang PPKM, sehingga saat ini kita hanya bisa melaksakan kegiatan ini dengan cara virtual, semoga tidak mengurangi semangat berkompetisi bagi para peserta KSM Kota Palu, dan mari kita tetap menerapkan protokol kesehatan  5M,” harapnya.

Selain itu Kakankemenag Nasruddin juga berpesan agar semua kepala madrasah (Kamad), guru pembimbing, pembina, pengawas untuk terus memberikan pembinaan dan motivasi pada siswanya. Walaupun tahun ini  pembelajaran masih dilakukan secara virtual. 

Baca Juga :   Warga Huntara Petobo Keluhkan Pembangunan Huntap

“Kita harus mendorong,memberi suport dukungan ke mereka,” pesan Nasruddin.

Setelah nantinya dilakukan pengumuman juara, Mantan Kabid Penmad ini juga berharap agar para Kamad bisa terus mendorong para siswa juara untuk bisa lolos ke tahap KSM tingkat propinsi Sulawesi Tengah sampai ke tingkat Nasional. 

“Siswa yang lolos itu bukan lagi atas nama madrasahnya, namun sudah membawa nama baik Kementerian Agama Kota Palu, jadi kita harus dorong dan saling support,” tegasnya.HGA

Komentar

News Feed