oleh

FAI Unismuh Palu Adakan Pelatihan Perawatan Jenazah

-Kota Palu-dibaca 145 kali

SULTENG RAYA-Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, kembali melaksanakan Pengajian Bulanan Tarjih, kali ini terkait pelaksanaan Pelatihan Perawatan Jenazah.

Pelatihan Perawatan Jenazah dinilai sangat penting, mengingat kewajiban seorang muslim kepada sesama umat muslim yang telah meninggal adalah merawat jenazahnya. Cara merawat jenazah yang disyari’atkan Islam diantaranya adalah memandikan, mengkafani, mensholati dan kemudian menguburkan.

Namun karena hukumnya Fardu Kifayah, menjadikan sebagian orang tidak serta merta mempelajari dan memahaminya dengan benar, bahkan sedikit sekali yang mampu melakukannya secara benar sesuai syariat.

Fardu Kifayah adalah sesuatu yang wajib dilakukan, namun apabila ada sebagian orang melakukan maka menggugurkan kewajiban muslim yang lain, tetapi jika sama sekali tidak ada yang bisa melakukannya, maka semua mendapat dosa. “Inilah pentingnya penyelanggaraan Pelatihan Perawatan Jenazah, karena tidak semua orang bisa memahami ini secara yang disyari’atkan Islam,”ujar Dekan FAI Unismuh Palu, Moh Rizal Masdul, Ahad (29/8/2021).

Baca Juga :   Pemerintah Anggap Kenaikan Harga Pakan Ternak Masih Wajar

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Kamis (26/8/2021) di Mushollah Bundar FAI Unismuh Palu, tidak hanya diikuti oleh dosen dan staf, namun juga diikuti oleh mahasiswa FAI Unismuh Palu, dibawah bimbingan Ust.Mulkus Kisman S.Ag.,M.Pd.

Kegiatan ini diawali oleh pengantar dan dilanjutkan praktek pelaksanaan memandikan, mengkafani kemudian mensholatkan jenazah.

Kata Rizal, salah satu alasan pentingnya diadakan Pelatihan Perawatan Jenazah ini adalah memberikan bekal kepada mahasiswa untuk hidup bermasyarakat. “Karena hukumnya Fardu Kifayah,  membuat jarang sekali orang bisa melakukan perawatan jenazah, apalagi yang sesuai dengan syariat Islam. Meskipun ada, kebanyakan dari mereka juga suda berusia tua, oleh karena itu sangat penting memberikan pelatihan di kampus untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan perawatan jenazah,”jelasnya.  ENG

Komentar

News Feed