oleh

Bupati: Kabupaten Banggai Bisa Produksi Satu Juta Ekor Sapi

-Kab. Banggai-dibaca 114 kali

SULTENG RAYA – Bupati Banggai, Amirudin sesumbar mengatakan, Kabupaten Banggai bisa mencita-citakan daerah untuk bisa produksi satu juta ekor sapi untuk memenuhi kebutuhan daerah dan luar daerah.
“Banggai juga bisa seperti NTT yang merupakan Provinsi Penghasil Sapi terbesar di Indonesia, dengan populasi sudah satu juta ekor sapi, kedepan kita berupaya mengembangkan ini, kita punya lahan yang subur dan luas akan tetapi belum di manfaatkan dengan baik, kami yakin itu bisa tercapai apabila di dukung dengan sumber daya manusia dan pola manejemen yang baik,” kata Bupati saat Meninjau Pusat Perbibitan Ternak Tandos Desa Bumi Beringin Kecamatan Luwuk Utara, Senin (23/8/21).
Pusat perbibitan ternak tandos, kata dia, adalah lokasi strategis dalam rangka membangun swasembada bibit ternak di Kabupaten Banggai serta salah satu bentuk dukungan Dinas Peternakan dalam implementasi visi misi pemerintah dalam rangka kemandirian ternak sekaligus pusat budidaya ternak sebagai penyuplai kebutuhan bibit ternak Kabupaten Banggai.
Untuk itu, besar harapannya, daerah bisa menyediakan bibit ternak secara berkelanjutan untuk memenuhi Kebutuahan bibit ternak serta meningkatkan kemampuan daerah dan mengurangi ketergantungan ternak dan bibit ternak dari luar.
“Kita harus berkembang. Sebab, daerah adalah sebagai pusat kajian teknologi peternakan, tempat pelatihan, magang, tempat penelitian dan sekolah magang bagi peternak dan kelompok ternak, dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dibidang pembibitan ternak dan budidaya, serta sebagai salah satu sumber PAD Kabupaten Banggai,” katanya.
Adapun luas pusat perbibitan ternak tandos tersebut kurang lebih 85 hektar, yang merupakan hibah dari masyarakat Desa Bumi Beringin kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai sejak 2009.
Sementara, sapi jenis PO (Peranakan Ongol) yang ada di pusat perbibitan ternak tandos sebanyak kurang lebih 40 ekor dengan segala keterbatasan sarana prasarana yang ada.
Bupati mengatakan, kapasitas bibit ternak di pusat Perbibitan Ternak Tandos perlu di tingkatkan dalam rangka pengembangan, kemudian sarana dan prasarana penunjang pengembangan ternak, peningkatan kesuburan tanah untuk penanaman hijauan pakan.
“Apabila ini dapat berkembang dengan baik kedepan kita bisa menjadi penyuplai bibit ternak minimal kabupaten tetangga, bisa menjadi pusat agrowisata, banyak keuntungan yang kita dapatkan,” ucap Bupati. REY

Baca Juga :   Bupati Banggai Lepas Kontingen Utsawa Dharma Gita

Komentar

News Feed