oleh

Peran Perempuan Dibutuhkan Mewujudkan Palu Adipura

-Kota Palu-dibaca 99 kali

SULTENG RAYA – Peran perempuan sangat dibutuhkan untuk terlibat aktif dalam melaksanakan program Palu Mantap Bergerak Menuju Adipura 2023.

“Sesuai dengan motto perempuan adipura adalah Palu Meraih Adipura Karena Peran Perempuan, tentunya semangat inilah yang selalu digaungkan agar cita cita kita bersama dalam Program Palu Mantap Bergerak Menuju Adipura 2023 bisa kita raih,” kata Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid saat bertemu dengan Tim Perempuan Adipura Kota Palu di Taman GOR Palu, Jumat (27/8/2021).

Bahkan, kata dia, pada momentum menyambut peringatan hari ulang tahun (HUT) Kota Palu pada 27 September 2021 mendatang, dilaksanakan lomba kebersihan antarkelurahan.

“Tentunya, kaum perempuan Kota Palu sudah mempersiapkan diri agar kelurahaannya bisa meraih juara dan tentunya akan ada reward yang diberikan sebagai bentuk penghargaan dan ini bermanfaat untuk kelurahan,” katanya.

Baca Juga :   Pertamina-Pengelola SPBU Diminta Cari Solusi Urai Antrean Panjang

Wali Kota Hadianto mengatakan, Pemkot Palu telah menyiapkan bonus khusus untuk kelurahan yang meraih juara.

“Ada bonus akan diberikan, yakni Rp1 miliar yang meraih juara satu, juara dua mendapat Rp600 juta dan juara tiga Rp400 juta. Itu direalisasikan pada lomba tingkat kelurahan pada tahun depan. Tahun 2023 Kota Palu harus punya target untuk meraih adipura,” jelasnya.

Adapun lokasi atau obyek penilaian adipura terdiri dari, permukiman, sarana kota yakni jalan kota, pasar, pertokoan, perkantoran, sekolah, rumah sakit/puskesmas, hutan kota, taman kota, pantai wisata.

Kemudian, sarana transportasi yakni bandara, terminal, pelabuhan, perairan terbuka, sungai dan sarana kebersihan.

Turut hadi, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Palu, Yudhi Riyani Firman, Kadis DLH Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, perwakilan perempuan Adipura kecamatan dan kelurahan se-Kota Palu.

Baca Juga :   Pembangunan Huntap Tondo II Ditargetkan Bulan Depan

Sebelumnya diberitakan, Pemkot Palu menyiapkan anggaran apresisasi sebesar Rp2 miliar untuk kelurahan terbaik dalam merawat kebersihan, kenyamanan dan ketertiban.

“Kita akan memberikan hadiah bagi kelurahan terbaik satu sebesar Rp1 miliar, kelurahan terbaik dua sebesar Rp600 juta dan kelurahan terbaik tiga sebesar Rp400 juta,” kata Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid di sela-sela peninjauan lokasi kerja bakti dalam rangka Hari Sadar Bersih Kota Palu, Sabtu (7/8/2021).

Pemberian reward tersebut efektif belaku mulai tahun depan dan akan diumumkan pada peringatan HUT Kota Palu pada September 2022 mendatang. HGA

Komentar

News Feed