oleh

Lewat ‘Lamale’, Kelurahan Lere Mulai Menerapkan Layanan Online

-Kota Palu-dibaca 110 kali

SULTENG RAYA – Pemerintah Kelurahan Lere, Kecamatan Palu Barat kini menerapkan pelayanan berbasis online melalui whatsapp kepada masyarakat, yang diberi nama ‘Lamale’ alias layanan melalui online mulai hari ini, Kamis (26/8/2021).

“Mulai Kamis (hari ini), kami akan mencoba menerapkan layanan melalui online atau menggunakan whatsapp, layanan Kelurahan Lere ini juga kami sebut dengan ‘Lamale’. Perlu diketahui sebelum pelaksanaan layanan online, kami terlebih dahulu sudah turun melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” kata Lurah Lere, Akbar Utama, Rabu (25/8/2021).

Akbar Utama, menjelaskan, pelayanan online tersebut untuk mempermudah masyarakat saat mengurus keperluan di Kantor Kelurahan Lere. Pelayanan online itu juga sekaligus mendukung upaya Pemkot Palu menekan angka penyebaran Covid-19.

Baca Juga :   Pemerintah Anggap Kenaikan Harga Pakan Ternak Masih Wajar

“Dengan adanya pelayanan ini, kami berharap dapat membantu dan mempermudah masyarakat mengurus keperluan di kantor kelurahan, misalnya masyarakat menyiapkan persyaratan yang diperlukan kepada pihak kelurahan, tidak perlu lagi menunggu di kantor, mereka dapat menunggu di rumah nanti akan dikabari melalui whatsapp,” jelasnya.

Pemohon cukup mengirimkan foto persyaratan telah ditentukan Pemerintah Kelurahan Lere dengan kualitas foto baik dan jelas.

Kemudian, operator kantor kelurahan memberikan konfirmasi dan memverifikasi dokumen diterima via whatsapp. Selanjutnya, surat keterangan permohonan diproses.

Setelah itu, tanda tangan lurah atau pejabat yang mewakili. Lalu, operator kantor kelurahan akan memberikan infromasi kepada pemohon via whatsapp, jika surat keterangan selesai diproses untuk dapat mengambil langsung surat keterangan dimaksud pada kantor kelurahan, dengan menukarkan surat pengantar dari RT/RW yang asli sebagai persyaratan.

Baca Juga :   Pemprov Sulteng dan KLHK Resmikan Penggunaan Ruas Tambayoli-Baturube

Pelayanan pengantaran oleh petugas kelurahan akan diatur waktunya sesuai situasi dan kondisi

“Untuk tahapan layanan online yang berkaitan dengan layanan antar, sementara di masa pandemi saat ini kami belum melakukannya atau belum menerapkannya,” tegasnya.

Selanjutnya, ia mengatakan, pihaknya menyadari tidak semua masyarakat menggunakan HP android atau menggunakan whatsapp, tetapi masyarakat tenang saja  pihak kelurahan tetap akan melayani masyarakat secara langsung di kantor kelurahan.

“Bahkan, untuk masyarakat kategori lansia tidak perlu khawatir, mereka bisa meminta bantuan dengan menggunakan whatsapp anggota keluaga seperti anak, cucu dan sebagainya,”ujarnya.

Sebagai infromasi tambahan, syarat atau pengurusan surat keterangan di Kantor Kelurahan Lere yang masuk Lamale, yaitu surat keterangan tempat usaha alias domisili usaha, surat keterangan janda duda, surat keterangan domisili lembaga atau kantor, surat keterangan kelakuan baik, surat keterangan tidak mampu, surat keterangan meninggal dunia, surat keterangan beda nama dan surat pengantar nikah (N1, N2 dan N4).ULU

Komentar

News Feed