oleh

Anggota Korpri Palu Resmi Dilindungi BPJamsostek

-Kota Palu-dibaca 225 kali

SULTENG RAYA – Seluruh anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kota Palu bakal di-cover dalam perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan) kini dipanggil BPJamsostek.

Rencana tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) antara Ketua Dewan Pengurus Korpri Kota Palu, Imran Lataha dengan Kepala Kantor Cabang BPJamsostek Sulawesi Tengah, Raden Harry Agung Cahya disaksikan Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid di ruang pertemuan Bantaya, Gedung Kantor Wali Kota Palu, Rabu (25/8/2021).

Ketua Dewan Korpri Kota Palu, Imran Lataha, mengatakan, saat ini jumlah anggota Korpri Kota Palu mencapai lebih dari 5.000 orang. Seluruhnya akan diikutkan dalam dua program dasar BPJamsostek, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm).

Baca Juga :   Dua Siswa MAN IC Palu Ikut Seleksi Beasiswa ‘Indonesi Maju’

“Kami punya pegawai (anggota Korpri Kota Palu) sekitar 5.000-an. Kita berharap, dengan kerja sama ini dengan BPJS Ketenagakerjaan, semua anggota Korpri terproteksi. Bahkan, beberapa para pensiun juga tertarik untuk ikut dalam program BPJS Ketenagakerjaan ini,” kata Imran Lataha.

Menurutnya, pembayaran iuran BPJamsostek bakal dipotong dari premi anggota Korpri.

“Besar premi anggota akan dinaikkan sesuai kebutuahn iuran ke BPJS Ketenagakerjaan dari premi sebelumnya. Yang pasti ini sangat bagus sekali. Kita berharap, anggota korpri mendapat perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan, khususnya kecelakaan kerja pada saat kegiatan Korpri maupun kematian,” katanya.

Sementara itu, Kakacab Raden Harry mengatakan, keikutsertaan anggota Korpri Kota Palu dalam program perlindungan jaminan sosial BPJamsostek merupakan langkah positif dan pertama kali di Sulteng.

Baca Juga :   Kemenag Palu Siap Mewujudkan ZI Menuju WBK-WBBM

“Kerja sama ini sesuatu positif. Karena ASN punya risiko sama dengan profesi lainnya. Kerja sama ini merupakan momentum pertama di Sulteng. Semoga diikuti di daerah lainnya di Sulteng,” katanya.

Ia menerangkan, berdasarkan PKS tersebut, ada dua program dasar yang diikuti anggota Korpri, yakni JKK dan JKm. Khusus JKK yang ditanggung BPJamsostek adalah kecelakaan kerja pada saat kegiatan Korpri, bukan kecelakaan kerja saat bekerja sebagai pegawai.

“Untuk dua program perlindungan tersebut, anggota Korpri cukup membayar iuran sekitar Rp13.000 per bulan. Jika meninggal dunia, maka akan mendapatkan santunan sebesar Rp42 juta. Sedangkan jika kecelakaan kerja pada saat kegiatan Korpri, manfaat program yang diperoleh adalah biaya rumah sakit tanpa batas dan dirawat di fasilitas rumah sakit pemerintah kelas I,” jelasnya.

Baca Juga :   49 Pasutri di Palu Ikut Sidang Isbat Nikah

Sementara itu, Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid mengapresiasi pengurus Korpri Kota Palu atas inisiasi dalam meningkatkan kesejahteraan ASN dan pensiunan di lingkungan Pemkot Palu melalui skema JKK dan JKM pada BPJamsotek.

“Kerja sama ini tentunya harus dilakukan evaluasi secara berkala, sehingga tujuan kerja sama dapat tercapai. Pada intinya, Pemkot Palu sangat mendukung PKS ini. Apalagi, ini adalah keinginan kuat dari Korpri Kota Palu,” kata Wali Kota Hadianto

Turut hadir, Sekda Kota Palu, Asri L Sawayah dan sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemkot Palu.HGA

Komentar

News Feed