oleh

Layanan Kesehatan Semakin Baik, Puas Menjadi Peserta Program JKN-KIS

-Kesehatan-dibaca 77 kali

SULTENG RAYA – Amalia Nouriana (36) merupakan peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional  Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) segmen Pekerja Penerima Upah (PPU). Amalia yang didaftarkan oleh perusahaan tempat dia bekerja juga telah menanggung seluruh anggota keluarganya. 

Beruntung, di masa pandemi yang masih melanda Indonesia, Amalia masih dapat bekerja dengan baik di perusahannya tersebut.

Amalia mengaku, Program JKN-KIS telah membantu dirinya melalui proses persalinan secara Sectio Caesar (SC) di Rumah Sakit Nasanapura sekira dua bulan yang lalu.

“Saya dirawat selama lima hari di rumah sakit, selama dalam perawatan saya mendapatkan pelayanan yang memuaskan baik oleh dokter maupun perawat yang bertugas. Sekarang pelayanan sudah semakin bagus, kami tidak kerepotan lagi untuk mengurus pendaftaran bayi kami di kantor BPJS Kesehatan karena rumah sakit langsung mendaftarkan bayi kami. Kami juga diberitahukan agar segera mengurus Nomor Induk Kependudukan (NIK) bayi, karena datanya harus segera di-update paling lambat tiga bulan,” jelas Amalia.

Baca Juga :   Dompet Dhuafa Bantu Pasien Isoman Lewat Program APDC

Menurut Amalia, kehadiran Program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh pemerintah melalui BPJS Kesehatan ini telah membantu banyak masyarakat, khusunya kalangan menengah ke bawah untuk dapat mengakses pelayanan kesehatan tanpa memikirkan soal biaya. Apalagi disaat pandemi seperti ini, bagi masyarakat yang terkena dampak pemberhentian kerja atau semacamnya dapat mengalihkan kepesertaannya menjadi Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU).

Hal itu dapat dijadikan pegangan ketika mereka dan keluarga sakit dan membutuhkan biaya yang cukup besar.

“Saya juga telah menggunakan fitur aplikasi Mobile JKN untuk melakukan pindah Puskesmas. Saat itu teman kantor saya menyarankan untuk download melalui Playstore atau Appstore, sehinga memudahan saya mendapatkan layanan administrasi tanpa harus ke kantor BPJS Kesehatan lagi. Bagi yang punya smartphone ayo download, aplikasi Mobile JKN ini sangat membantu sekali karena banya fitur menarik di dalamnya,” jelas Amalia.

Baca Juga :   Dompet Dhuafa Bantu Pasien Isoman Lewat Program APDC

Amalia pun tak luput menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pemerintah yang terus melakukan upaya perbaikan mutu pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan. Amalia berharap Program JKN-KIS dan BPJS Kesehatan terus ada, agar semakin banyak masyarakat yang dapat merasakan manfaatnya. (TM/NH)

Komentar

News Feed