oleh

Kini Lebih Mudah Pantau RTRW di Palu Lewat JAPPRI

-Kota Palu-dibaca 223 kali

SULTENG RAYA – Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid melaunching Aplikasi Jejaring Pengawasan Penataan Ruang Idaman (JAPPRI) Proyek Perubahan Kepala Dinas Penataan Ruang dan Pertanahan (DPRP) Kota Palu di Sekretariat Daerah (Setda) Kota Palu, Selasa (17/8/2021).

“JAPPRI merupakan salah satu upaya Pemkot Palu menyediakan informasi peruntukan dan pemanfaatan ruang di wilayah Kota Palu. Tentunya, aksesnya bisa lebih muda melalui aplikasi internet,” kata Wali Kota Hadianto.

Sementara itu, Kepala DPRP Kota Palu, Mohamad Rizal, menyebutkan, JAPPRI merupakan pelayanan informasi penataan ruang bagi masyarakat, pemerintah dan swasta yang berbasis aplikasi. JAPPRI juga ditautkan pada portal milik Pemkot Palu melalui website www.palukota.go.id.

Ia menjelaskan, JAPPRI merupakan kerja sama antara Dinas Penataan Ruang dan Pertanahan Kota Palu bersama para pemangku kepentingan dalam hal penataan ruang, sebagai percepatan sosialisasi dan penerapan ketentuan peruntukan dan pemanfaatan ruang di Kota Palu.

Baca Juga :   Hewan Ternak Berkeliaran di Jalan Raya Mulai Ditindak

“Tujuan diadakannya digitalisasi rencana tata ruang wilayah melalui inovasi JAPPRI berbasis android adalah untuk menyediakan informasi peruntukan dan pemanfaatan ruang berdasarkan Peraturan Daerah Kota Palu Nomor 2 Tahun 2021 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Palu Tahun 2021-2041 yang baru saja ditetapkan,” ,” jelas Mohamad Rizal.

Menurutnya, JAPPRI akan memberikan akurasi melalui digitalisasi informasi penataan ruang menuju Palu Smart City.

“Proses untuk mengetahui informasi peruntukan dan pemanfaatan ruang akan lebih cepat dan mendukung kebijakan pembatasan aktivitas di luar rumah di tengah Pandemi Covid-19. Karena, untuk mengetahui informasi rencana tata ruang, masyarakat tidak perlu lagi datang ke Dinas Penataan Ruang dan Pertanahan Kota Palu untuk mendapat akses informasi tersebut,” ucapnya.

Baca Juga :   Komisioner Komisi Informasi Silaturahim dengan Kajati Sulteng

Ia menerangkan, melalui JAPPRI, masyarakat dan para pemangku kepentingan penataan ruang di Kota Palu dapat mengetahui informasi rencana tata ruang di wilayahnya melalui informasi digital yang ditampilkan ke dalam peta, sehingga akan mempercepat akses informasi.

“Dampak dari tersosialisasinya kebijakan penataan ruang secara digital, masyarakat dan para pemangku kepentingan penataan ruang di Kota Palu dapat merencanakan pengadaan lahan dan penggunaan atau pemanfaatan lahan tersebut sesuai dengan rencana tata ruang,” ucapnya.

Turut hadir, Wakil Wali Kota Palu, dr Reny A Lamadjido, Sekda Kota Palu, Asri L Sawayah serta unsur Forkopimda Kota Palu. HGA

Komentar

News Feed