oleh

Wawali Reny Cek Pasokan Gas Oksigen di PT Tira Austenite

-Kota Palu-dibaca 126 kali

SULTENG RAYA – Dalam rangka memastikan ketersediaan tabung gas oksigen tetap terjaga, Wakil Wali Kota Palu, dr Reny A Lamadjido melakukan pengecekan ketersediaan gas oksigen di PT Tira Austenite, Tbk., Senin (2/8/2021).

Berdasarkan hasil koordinasi dengan pihak PT Tira Austenite, perusahaan yang beroperasi di Kompleks Pergudangan Palu Indah itu, mampu memproduksi gas oksigen 200 tabung setiap hari, baik untuk medis maupun untuk industri.

“Namun dengan melihat kondisi saat ini, kita memprioritaskan ke medis dan bisa kami produksi 200 tabung sehari untuk rumah sakit,” kata Staf Administrasi Logistik PT Tira Austenite, Didik.

Ia mengatakan, saat ini baru dua rumah sakit di Kota Palu yang dilayani, yakni RSUD Anutapura Palu dan Rumah Sakit Bhayangkara dengan jumlah tabung gas masing-masing rumah sakit mencapai 100 tabung per hari.

Didik menjabarkan, gas oksigen 6 meter kubik dibanderol dengan harga Rp132 ribu, baik untuk medis maupun industri. Sedangkan, gas oksigen kecil ukuran 1 meter kubik dibanderol dengan harga Rp77.000.

Baca Juga :   98 Peserta Didik SMPN 6 Palu Terima Vaksinasi Dinkes-Disdikbud

“Kalau ada masyarakat umum yang butuh dan kebetulan kita ada pengisian, kita akan bantu isikan. Kalau belum ada pengisian, kami mohon maaf untuk menunggu. Untuk jadwal pengisian tabung gas oksigen, tidak menentu tergantung dari jumlah tabung kosong yang ada,” ucapnya.

Sementara itu, Wawali Reny, menyampaikan terima kasih kepada pihak PT Tira Austenite yang mengkhususkan ketersediaan gas oksigen medis untuk rumah sakit di tengah pandemi Covid-19 melanda Kota Palu.

“Tentunya pihak perusahaan PT Tira Austenite harus terus menjaga produksinya berjalan lancar dan terus memaksimalkan penyediaan pasokan untuk kebutuhan rumah sakit di Kota Palu. Semoga kondisi pasokan produksi PT Tira Austenite setiap harinya tetap stabil,” kata Wawali Reny.

Sebelumnya diberitakan, produsen gas PT Aneka Gas Industri di Kelurahan Kayumalue Ngapa, Kecamatan Palu Utara, memastikan stok gas oksigen untuk kebutuhan semua rumah sakit di Palu, aman.

Kepala Cabang (Kacab) PT Aneka Gas Industri, Taufik, mengatakan, saat ini produksi gas per hari mencapai 400 lebih tabung. Bahkan, jumlah produksi 400 per hari itu sudah termasuk untuk kebutuhan suplai di sejumlah kabupaten.

Baca Juga :   Wali Kota Harap OPD dan TP-PKK Perkuat Sinergitas Program

“Kesemuanya itu dibagi ke semua rumah sakit di Kota Palu dan ada juga untuk menyuplai kebutuhan gas oksigen di kabupaten lainnya. Jadi, untuk saat ini ketersediaan gas oksigen medis untuk kebetuhan rumah sakit masih mencukupi,” jelas Kacab Taufik kepada Wakil Wali Kota Palu, dr Reny A Lamadjido saat meninjau ketersediaan gas oksigen medis bagi di perusahaan PT Aneka Gas Industri, Rabu (28/7/2021).

Sebagai upaya antisipasi meningkatnya kebutuhan gas oksigen, pihaknya akan menambah kapasitas produksi gas hingga 700 tabung per hari.

“Perusahaan akan menambah lagi kapasitas produksi gas sebanyak 700 tabung per hari,” jelasnya.

Ia mengatakan, selain memfokuskan kebutuhan medis, pihaknya juga belum melayani kebutuhan gas untuk industri. Sementara itu, bagi warga yang berdampak Covid-19 dan tengah menjalani isolasi mandiri (isoman) yang membutuhkan gas, namun memiliki tabung sendiri bisa datang mengisinya di PT Aneka Gas Industri.

Baca Juga :   Mendagri Apresiasi Penanganan Terorisme di Sulteng

“Kita juga terbuka bagi masyarakat yang menjalani isoman yang memiliki tabung gas sendiri dan membutuhkan gas, silahkan datang ke aneka gas,” katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Palu, dr Reny A Lamadjido, menyampaikan terima kasih kepada pihak PT Aneka Gas Industri yang mengkhususkan ketersediaan gas oksigen medis untuk rumah sakit di tengah pandemi Covid-19 melanda Kota Palu dan sekitarnya.

“Tentunya pihak perusahaan PT Aneka Gas Induatri harus terus menjaga produksinya berjakan lancar dan terus memaksimalkan penyediaan pasokan untuk kebutuhan rumah sakit di Kota Palu,” kata Wawali Reny.

Ia berharap pihak PT Aneka Gas Industri selalu berkoordinasi dengan Pemkot Palu setiap perkembangan, agar bersama-sama dicarikan solusi terbaik.

“Semoga kondisi pasokan produksi Aneka Gas setiap harinya tetap stabil,” tuturnya.

Turut mendampingi Wawali Reny, Kasdim 1306 Donggala, Letkol Inf Jufri Halimu, Kabag OPS Polres Palu, AKP Awaludin Rahman, Camat Palu Utara, Muhamad Azhar, Lurah Kayumalue Ngapa dan tenga kesehatan lainnya.HGA

Komentar

News Feed