oleh

Jelang PKKMB 2021, Untud Lakukan ToT

-Pendidikan-dibaca 132 kali

SULTENG RAYA-Memasuki tahun ajaran baru 2021/2022, Universitas Tadulako (Untad) kembali akan melaksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi dengan lingkungan yang baru, dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Sebelum pelaksanaan PKKMB, Untad terlebih dahulu melakukan Training of Trainer (ToT) bagi tiga komponen utama dalam pelaksanaan PKKMB. Yaitu Dosen Pemateri, Host dan Co-Host, serta Pengurus Lembaga.

Untuk mengawali kegiatan ToT, bidang kemahasiswaan Untad mengundang para pengurus lembaga mahasiswa Untad untuk hadir dalam kegiatan tersebut. Kegiatan ini dliakukan pada Kamis, (29/7/2021) bertempat di Aula Fakultas Kedokteran.

Baca Juga :   Birokrasi Diharap Bisa Realisasikan Tuntutan Mahasiswa Fatek Untad

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. Ir. Sagaf. MP dalam sambutannya menjelaskan bahwa PKKMB Tahun 2021 akan kembali dilaksanakan secara daring, mengingat pandemi Covid 19 yang belum berakhir.

Kata Sagaf, tahun ini adalah tahun ke 3 pelaksanaan PKKMB sejak 2019. Tentunya banyak suka dan duka yang dilalui, ada beberapa kekurangan yang perlu dievaluasi dan kelebihan yang perlu ditingkatkan di PKKMB Tahun 2021.

Warek Bima ini juga mengingatkan kepada para peserta ToT, bahwa mahasiswa baru berada dalam masa transisi, dari siswa menjadi mahasiswa. Dimana mereka selama ini terbiasa diatur, baik dari seragam, sopan santun dan sebagainya, sehingga berpikir bahwa ketika menjadi manasiswa mereka menjadi lebih bebas.

Baca Juga :   HMB FMIPA Untad Jalankan Program Bina Desa

“Hal yang tidak mereka pahami, bahwa kehidupan di dunia kampus adalah kebebasan yang bertanggung jawab. Inilah yang menjadi tugas kita untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa baru, bahwa dalam bertindak tidak boleh melewati gais batas peraturan akademik,” tegas Dr Sagaf.

Warek Bima juga berharap, melalui ToT PKKMB ini diharapkan para peserta yang merupakan perwakilan lembaga, dapat menjadi cerminan bagi mahasiswa baru, baik secara akademis maupun secara moral dan etika.

Dikesempatan yang sama, Warek juga mengingatkan bahwa dalam pelaksanaan PKKMB 2021 ini, tidak ada praktek-praktek kekerasan atau perlakuan yang tidak baik kepada para mahasiswa baru.*/ENG

Komentar

News Feed