oleh

Ketua DPRD Parmout Kritisi Bupati Tidak Berkantor di Parigi

SULTENG RAYA – Ketua DPRD Kabupaten Parigi Moutong (Parmout), Sayutin Budiyanto kembali mengkritisi Bupati Parmout, Samsurizal Tombolotutu yang sudah lama tidak berkantor di Parigi. Dia menyesalkan sikap Bupati tidak pernah lagi berkantor di Parigi. Bahkan katanya rumah jabatan Bupati yang cukup megah sangat jarang ditempati oleh Samsurizal.

“Boleh-boleh saja menjalankan pemerintahan di luar ibukota kabupaten, tapi tidak harus bertahun-tahun,”tegas Sayutin.

Sayutin juga mempertanyakan sejumlah fasilitas milik Pemda Parmout yang ditempatkan di kediaman pribadi Samsurizal. Menurutnya, secara etika hal itu tidak boleh dilakukan karena tempat tersebut bukan  rumah jabatan bupati.

Sayutin yang juga Ketua DPC Nasdem ini menegaskan, Fraksi Nasdem di DPRD Parmout sangat tegas bersikap yakni meminta Bupati Samsurizal kembali berkantor di Parigi sebagai ibukota Kabupaten Parmout. Bahkan katanya Nasdem menjadi pencetus pengajuan hak interpelasi tahun lalu. Sayangya pengajuan hak interpelasi itu tidak mendapat dukungan mayoritas dari sejumlah fraksi di DPRD Parmout.

Baca Juga :   69 Sekolah di Parmout Siap Uji Coba PTMT

“Coba diwawancarai ketua fraksi PDIP Perjuangan, ketua fraksi Gerindra, ketua fraksi Nasdem, Ketua Fraksi Bintang Indonesia, PKB, Hanura, minta sikap secara politik. Kalau sikap saya sebagai ketua DPRD jelas, kan itu. Tapi kan secara kelembagaan perlu kesepakatan,” jelasnya.

Selain Sayutin juga berencana secara kelembagaan akan menyurati Gubernur Sulteng untuk mempertanyakan kinerja Bupati Parmout dalam kurun dua tahun terakhir yang berkantor di Parigi. Konsep surat itu katanya sudah siap, tapi hal itu katanya masih harus dibicarakan dengan seluruh fraksi.

Untuk diketahui selama ini Bupati Samsurizal melaksanakan kegiatan pemerintahan dari kediaman pribadinya di Lolaro Resort Tinombo. Kegiatan-kegiatan pemerintahan seperti pelantikan pejabat, rapat-rapat dan kegiatan lain selalu dilaksanakan di Lolaro Resort. Sebelum di Lolaro, Samsurizal juga melaksanakan kegiatan pemerintahan di kediaman pribadinya yang lain yakni di Pantai Mosing Desa Sinei Kecamatan Tinombo Selatan. Terakhir kali Samsurizal menginjakkan kaki di kantor Bupati yakni pada peringatan HUT Proklamasi tanggal 17 Agustus tahun 2020 lalu. Praktis kegiatan pemerintahan di kantor Bupati hanya dilaksanakan oleh Wakil Bupati, Badrun Nggai dan Sekretaris Daerah Zulfinasran.  AJI

Komentar

News Feed