oleh

Ribuan Lalampa Toboli Dibagikan Gratis kepada Pengunjung

SULTENG RAYA – Masyarakat Desa Toboli, Kecamatan Parigi Utara merayakan hari raya lalampa, Selasa (27/7/2021).  Lalampa merupakan makanan khas suku Kaili terbuat dari beras ketan dicampur ikan lalu dibungkus daun kemudian dibakas diatas bara api.

Dalam perayaan itu, ribuan lalampa dibagikan secara gratis kepada para pengunjung mulai pukul 09.00-12.00 Wita.

Kepala Desa Toboli , Abdul Tancho mengatakan, hari raya lalampa dilaksanakan seminggu setelah perayaan hari raya Idul Adha. Perayaan tersebut katanya merupakan yang ketiga kalinya dilaksanakan dalam kurun tiga tahun terakhir. Dalam perayaan itu ada 53 warung lalampa di Desa Toboli yang berpartisipasi dengan menyediakan lalampa gratis di depan warungnya masing-masing.

Baca Juga :   69 Sekolah di Parmout Siap Uji Coba PTMT

“Setiap warung menyiapkan 500 buah lalampa, kecuali warung Raja Lalampa yang menyediakan 1.500 buah lalampa gratis,”ujar Tancho, Selasa (27/7/2021).

Lanjut Tancho, dalam kegiatan itu dilakukan penilaian dekorasi warung dengan ciri khas lalampa serta penilaian kamar kecil (WC) terbaik dari masing-masing warung. Panitia menyiapkan hadiah kepada masing-masing pemenang yang sebagian dari hadiah itu disumbangkan oleh anggota DPRD dan Ketua Kadin Sulteng, Moh Nur Dg Rahmatu,SE.

“Alhamdulillah kegiatannya berlangsung meriah dan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan. Dalam kegiatan ini kami melakukan penilaian lomba dekorasi warung dan WC terbaik yang hadiahnya dibantu oleh Pak Nur Dg Rahmatu,”jelas Tancho.

Tancho menambahkan, saking banyaknya lalampa yang disediakan, sebagian lalampa itu dibagikan ke kendaraan yang melintas di jalur Toboli.

Baca Juga :   Yayasan Cappa Keadilan Ekologi Lakukan Pendampingan Tujuh Desa di Parmout

Sementara itu, kegiatan serupa juga dilaksanakan di Desa Toboli Barat pukul 13.00-16.00 Wita. Hanya saja pelaksanaan hari raya lalampa yang pertama kalinya dilaksanakan di Desa Toboli Barat tersebut dipusatkan disatu tempat yakni di depan kantor Camat Parigi Utara. AJI

Komentar

News Feed