oleh

‘Simerat’ BKKBN, Manajemen Surat Tidak Pakai Ribet

-Kota Palu-dibaca 237 kali

SULTENG RAYA – Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Tengah terus berupaya untuk memperbaiki sistem birokrasi demi mewujudkan predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Kali ini, Perwakilan BKKBN Sulteng mengembangkan sistem aplikasi manajemen surat berbasis web, dijuluki ‘Simerat’ alias Sistem Manajemen Surat.

Sistem tersebut sudah mulai digunakan pasca pemaparan petunjuk teknis pengunaan oleh tim pengembang kepada pegawai BKKBN Sulteng di ruang pola, Kantor Perwakilan BKKBN Sulteng, Rabu (21/7/2021).

“Memperbaiki dan meningkatkan kinerja pelayanan ini, sudah menjadi komitmen bersama seluruh ASN Perwakilan BKKBN Sulteng yang saat ini menuju predikat WBBM. Digitalisasi layanan administrasi suatu keharusan dan kebutuhan, kita berkomitmen memberikan layanan prima salah satunya dengan pemotongan birokrasi dari sistem lama,”kata Kepala Perwakilan (Kaper) BKKBN Sulteng, Maria Ernawati, Senin (26/7/2021).

Baca Juga :   PLN Suluttenggo Bakal Suplai Listrik PT ATS Sebesar 170 MVA

Menurutnya, inovasi tersebut merupakan pengembangan atas sistem yang sudah ada sebelumnya.

“Ini adalah semacam upgradable sesuai dengan kebutuhan dan problematika yang ada, untuk terciptanya pelayanan surat menyurat yang mudah dan efektif,” katanya.

Sebelumnya, Tim Pengembang Simerat terdiri dari sejumlah Pegawai BKKBN Sulteng dan Mahasiswa Universitas Tadulako (Untad) jurusan Teknik Informatika sedang menjalani Praktek Kerja Lapangan (PKL), menjelaskan, Simerat dirancang dengan fitur-fitur dan alur mudah untuk dipahami pegawai, seperti penomoran surat secara otomatis dan cepat dalam tracking surat.

Selain itu, ada notifikasi email kepada penerima disposisi surat yang bisa diakses melalui smartphone maupun komputer atau laptop .

“Masing-masing bidang disediakan usernya, jadi tidak ada persuratan dan disposisi surat manual dan konvensional yang makan waktu. Nantinya juga butuh pengembangan lanjutan supaya bisa paperless dan tanda tangan elektronik” jelas tim pengembang. HGA

Komentar

News Feed