oleh

Bulog Gelontorkan Ribuan Ton Bantuan Beras PPKM di Sulteng

-Kota Palu-dibaca 174 kali

SULTENG RAYA – Perusahaan Umum Bulog Kantor Wilayah Sulawesi Tengah meneyelenggarakan launching penyaluran bantuan beras PPKM untuk Sulawesi Tengah, Ahad (18/7/2021).

Pimpinan Wilayah Bulog Kanwil Sulteng, Basirun dalam sambutannya mengatakan, Bulog mempersiapkan sesuai estimasi by name by adress sesuai data Presiden Jokowi melalui Kementerian Sosial (Kemensos) terkait jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Alokasinya sebesar 10 kilogram (kg) per KPM. Sulteng alokasi untuk saat ini yang terdata jumlah KPM yakni sebanyak 139.435 KPM PKH. Dan Bantuan Sosial Tunai (BST) 91.426 KPM jumlahnya secara keseluruhan KPM 230.861 KPM sehingga total beras yang harus kami sediakan adalah 2.308 ton. Itu adalah pagu yang diberikan berdasarkan by name by adress dari Kemensos,” katanya.

Dikatakan Basirun, pihaknya sudah mempersiapkan stok sudah sepekan terakhir dan telah siap disalurkan melalui pengawasan pemerintah daerah di tempat tersalur, dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulawesi Tengah.

Baca Juga :   Gubernur Dorong Percepatan Pembangunan Bandara Perintis di Balut

“Ini adalah boleh dibilang kerja sehari karena instruksi baru datang Sabtu sore. Sebelumnya kita sdah koordinasi dengan Dinsos Palu karena instruksi ke kita untuk segera menyiapkan beras PPKM walaupun kita belum ada perintah dari Kemensos. Tapi ini sudah seminggu kami persiapkan, ketika ada surat ke Bulog Pusat, langsung kita laksanakan sesuai arahan presiden,” tuturnya.

Sementara Kepala BPKP Sulteng, Baligan Sembiring mengatakan, sesuai instruksi Kepala BPKP pusat, pihaknya akan mengawal penyaluran sampai ke tangan penerima. Dirinya mengatakan, teknis penyaluran secara penuh dilakukan oleh pemerintah daerah, misalnya di Palu akan di koordinir oleh koordinator PKH dan Dinsos.

“Ini nanti akan kami awasi, teknis penyalurannya nanti, ini akan disalurkan dahulu di PT POS, nanti KPM PKH dan KPM BST sekalian mengambil di sana, di Palu ada tiga lokasi sesuai yang disampaikan Kadinsos Palu,” tutur Baligan.

Baca Juga :   Nakes Palu Dilatih Pemulasaran Jenazah Covid-19

Baligan menambahkan, tim dari BPKP akan mendampingi di titik-titik penyaluran agar sesuai dengan peruntukkan ke KPM.

“Ini hanya untuk mengawasi dan meyakinkan, bahwa beras itu sampai kepada masyarakat. Jadwal yang sudah dibuat sudah tertata dengan baik, sekarang kita tinggal sosialisasikan kepada KPM supaya pada jadwalnya mereka hadir, karena sesuai jadwal tadi, sehari itu ada 27 KPM yang akan menerima. Target yang realistis, sesuai juga dengan pelaksanaan protokol kesehatan, artinya tidak ada yang berkerumun,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinsos Kota Palu, Romy Sandi Agung mengatakan, untuk suksesi penyaluran, Pemerintah Kota Palu sudah melakukan langkah-langkah percepatan dengan melibatkan lintas sektor.

“Kami sudah melaporkan secara lisan kepada pak wali kota terkait penyaluran ini. Sampai saat ini kami memang belum menerima instruksi langsung secara tertulis, namun langkah-langkah percepatan, kami sudah koordinasi, kita mencermati juga protokol kesehatan yang ada,” tuturnya.

Baca Juga :   Wawali Reny Cek Pasokan Gas Oksigen di PT Tira Austenite

Adapun mengenai teknis, nantinya ada tiga titik di PT POS  yakni PT POS Mohammad Yamin, PT POS Cabang Tawaili, dan PT POS Cabang di Palu Barat.

“Nantinya itu akan disalurkan beras dan BST yang ada di tiga lokasi tadi. Tentunya nanti dengan protokol kesehatan,” tutupnya. RHT

Komentar

News Feed