oleh

Tiga Mahasiswa Unismuh Palu Lolos Program Transfer Kredit Internasional 2021

-Pendidikan-dibaca 198 kali

SULTENG RAYA- Mengawali program kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di tahun 2021, Kampus Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu mendapat kado istimewa, pasalnya tiga mahasiswanya berhasil lolos menerima bantuan dana program transfer kredit internasional 2021 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (​Kemendikbudristek).

Ketiga mahasiswa itu masing-masing, dua dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), atas nama Dinda Aprilia Putri dan Siti Aisyah Sundariyah, dan satu orang lagi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) atas nama Mohammad Rizki.

Ketiga mahasiswa ini akan menjalankan program pendidikan di Asian University Thailand selama satu semester, atau paling tidak harus menuntaskan sebanyak 18 SKS. Selama itu juga, ketiganya akan mendapatkan pembiayaan dari pemerintah, dalam hal ini Kemendikbudristek.

Baca Juga :   Hari ini Unismuh Palu Tarik Mahasiswa Peserta PPL

“Tentu ini adalah hal yang menggembirakan bagi kami, keluarga besar Kampus Biru Unismuh Palu, semoga kedepan akan semakin banyak lagi kuota dari Kemendikbudristek, agar semakin banyak lagi yang bisa lolos ke luar negeri, karena makin banyak tentu makin bagus,”ujar Rektor Unismuh Palu, Dr. Rajindra, SE., MM, Ahad (4/7/2021).

Kegiatan ini sendiri kata rektor, merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk memfasilitasi mahasiswa dalam upaya menguatkan dan menambah kompetensi melalui program studi lain atau perguruan tinggi lain di luar negeri, untuk mempersiapkan mahasiswa dengan kompetensi global dan juga sebagai salah satu upaya dalam mengantisipasi derasnya persaingan global dalam berbagai aspek.

Baca Juga :   Virtual Tour, Dosen Untad Kenalkan Budaya Tanah Kaili

Karena bagi mahasiswa yang lolos mengikuti program itu, diharapkan memiliki kompetensi dan kemampuan yang lebih dibandingkan dengan teman-temannya yang belum sempat mengikuti program tersebut. “Tentu diharapkan mereka ini memiliki kemampuan lebih dari teman-temannya, baik dari segi bahasa, akademik maupun mental, karena mereka telah melewati pendidikan di luar negeri, meskipun hanya satu semester,”harap rektor.

Sementara itu, Dekan FKM Unismuh Palu, Sudirman mengatakan, lolosnya tiga mahasiswa Unismuh Palu itu berawal dari penawaran dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (​Kemendikbudristek). Dimana kampus biru Unismuh Palu mendapatkan penawaran dan kuota sebanyak tiga orang mahasiswa, sehingga pihak kampus mencoba mengirim tiga nama mahasiswa dan ternyata ke tiga-tiganya dinyatakan lolos.

Baca Juga :   SDN 21 Palu Persiapkan Diri ANBK Lewat Workshop

Sehingga ketiganya akan menjalankan kuliah selama satu semester Asian University Thailand, dan selama kuliah di sana akan dibiayai oleh kementerian, sebagai bagian dari program  MBKM. “Nantinya semua mata kuliah yang telah ditempuh disana akan diakui oleh kampus asal,”ujar Sudirman.

Saat ini lanjut Sudirman, pemberangkatan ketiga mahasiswa itu tinggal menunggu informasi dari pihak kementerian, karena sebelum mereka berangkat akan melalui pembekalan terlebih dahulu dari kementerian. “Tinggal menunggu informasi dari kementerian, pada prinsipnya ketiga mahasiswa ini sudah lolos dan siap untuk mengikuti program itu,”ujarnya lagi. ENG

Komentar

News Feed