oleh

BMKG, Cuaca Palu Melebihi Batas Normal

-Kota Palu-634 views

SULTENG POST – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisik (BMKG ) Bandara Mutiara Palu, Kasiron mengatakan dalam beberapa hari terakhir ini iklim di Kota Palu melebihi batas normal.

“Beberapa hari ini memang suhu udaranya panas menyengat, namun peluang terjadinya curah hujan masih ada,” katanya kepada Sulteng Post, Rabu (8/10).

Ia mengatakan suhu udara di wilayah Palu tercatat mencapai 36 derajat celsius atau melebihi batas normal berkisar 35 derajat celsius.

“Tapi tiga hari ini suhu udara mencapai 36 derajat celsius,” katanya.

Bahkan, Kasiron memperkirakan suhu udara pada sepekan ini bisa mencapai 37 derajat celsius. Namun, masyarakat tidak perlu cemas, karena meningkatnya suhu udara hanya terjadi pada waktu-waktu tertentu.

Baca Juga :   BSI Area Palu Mulai Migrasi Rekening Eks BRIS-BNIS

Meningkatnya suhu udara di Kota Palu dalam beberapa hari ini lebih dipengaruhi tingginya tekanan udara di bagian selatan Khatulistiwa bumi.

Namun demikian, tidak semua wilayah di Sulteng dilanda suhu udara yang sama dengan Kota Palu. Ada wilayah-wilayah yang justru dilanda hujan meski tidak lebat.

Khusus wilayah Palu selama ini memiliki iklim cukup unik dibandingkan wilayah lain di Sulteng dan daerah lain.

Contoh hujan di Palu turun tidak merata. Terkadang hujan dan terkadang juga tidak. “Ini merupakan keunikan iklim di Palu,” katanya.

Terkait isu kiriman asap dari kebakaran hutan di Kalimantan, Kasiron mengatakan tergantung arah mata angin.“Jika arah mata angin tertujuh ke palu maka itu bisa saja terjadi cuaca di palu berkabut. Namun hingga saat ini, isu tersebut tidak mempengaruhi aktifitas penerbangan pesawat,” jelasnya.

Baca Juga :   Cukup Rp16.800, Driver Gojek Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan

Sebelumnya, Prakirawan dari BMKG Stasiun Bandara Mutiara Palu, Afan Nugraha, mengemukakan cuaca panas di Kota Palu selama beberapa hari terakhir disebabkan rendahnya kelembaban udara.

Afan Nugraha di Palu, Selasa, mengatakan suhu udara di Kota Palu saat ini bisa mencapai 35 derajat celcius pada siang hari, dan banyak dikeluhkan masyarakat.

Temperatur yang panas itu disebabkan sejumlah faktor yakni kelembaban udara yang pernah mencapai 28 persen pada siang hari, padahal pada saat itu seharusnya kelembaban udara normal sekitar 60 persen.

Sedangkan kelembaban udara pada malam hari juga di bawah normal, yakni berkisar dari 35 hingga 40 persen, jauh di bawah ukuran normal yang berkisar 80-90 persen.

Baca Juga :   Lurah Lasoani Ajak Warga Selalu Patuh Prokes

Selain kelembaban udara yang minim, Afan mengatakan faktor kencangnya tiupan angin juga mempengaruhi meningkatnya suhu udara di Kota Palu.

“Selain itu, minimnya ruang terbuka hijau juga turut mempengaruhi naiknya suhu udara,” katanya. URY/ROIN

Komentar

News Feed