oleh

Olahan Gula Semut Warga Tanalanto Banyak Digemari

SULTENG RAYA – Gula Aren telah menjadi salah satu gula yang populer di Indonesia, bahkan di beberapa daerah, Gula Aren dijadikan salah satu mata pencarian masyarakat di tengah Pandemi Covid-19. Seperti halnya di Desa Tanalanto, Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong.

Beberapa masyarakat memilih Gula Aren untuk dijadikan olahan Gula Semut dengan alasan harga yang lebih tinggi dan bahan yang akan menjadi olahan mudah didapatkan di daerah tersebut.

Ketua Kelompok Tani Hutan Rimba Raya, Bahar mengatakan, memilih olahan dari Gula Aren ini karena mayoritas pencarian masyarakat di desa itu itu adalah Gula Aren.

“Sehingga kami berinisiatif untuk membuat Gula Semut karena harganya lebih tinggi dibanding dengan harga olahan Gula Aren. Kami namakan Gula Semut karena bentuknya itu seperti sarang semut. Untuk saat ini kami masih membuat dua rasa dalam olahan Gula Semut ini yaitu original dan juga jahe,” katanya.

Baca Juga :   Gubernur Sulteng Ziarah ke Makam Pahlawan Nasional Tombolotutu

Secara singkat, Bahar menuturkan, proses pembuatan Gula Semut  Pertama kami mengambil air Nira dari kebun, kemudian kedua memasak air Nira tersebut kurang lebih 2 sampai 3 jam, lalu langkah Ketiga setelah air Nira tersebut sedikit mengeras, maka diaduk dan kemudian mengulek air Nira tersebut agar menjadi bubuk kasar.

“Ke empat kami menyaring bubuk kasar tadi agar menjadi lebih halus dan setelah itu memanaskan (Mengoven) olahan Gula Semut tersebut,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Bahar juga mengatakan bahwa, walaupun usaha mereka terbilang baru, tapi hasil olahan Gula Semut sudah dipesan dari luar daerah Tanalanto.

“Untuk saat ini, juga proses pemasaran yang kita lakukan masih di sekitaran Tanalanto sini, tapi Alhamdulilah sudah ada yang memesan itu dari Palu 3 Kilogram padahal usaha kami ini terbilang masih baru,” kata Bahar

Baca Juga :   Gubernur Sulteng Ziarah ke Makam Pahlawan Nasional Tombolotutu

Adapun harga dari olahan Gula Semut ini yaitu untuk varian jahe ukuran 250 Gram harganya Rp20 ribu  kalau, sedangkan Original Rp 10 ribu rupiah dan untuk 150 Gram harganya Rp12 ribu rupiah.

“Manfaat dari Gula Semut ini, sangat baik buat tubuh apalagi yang rasa jahe, dan juga dapat di konsumsi oleh orang yang memiliki penyakit gula. Apalagi di kala Covid-19, ini kita membutuhkan minuman yang menghangatkan badan, dalam penyeduhannya tergantung dari kita masing-masing karena tinggal seduh dan bisa dicampur susu,” pungkasnya. *WAN

Komentar

News Feed