oleh

MANTIKULORE, Penambang Asing di Poboya Berhenti Beroperasi

SULTENG POST – Keberadaan perusahaan asing illegal PT Panca Logam yang melakukan aktifitas penambangan emas di Poboya dipastikan telah berhenti beroperasi. Hal ini ditegaskan Camat Mantikulore, Muhammad Sabil Akbar kepada Sulteng Post, Selasa (7/10).

 

“Setelah saya mendengar dari media masih ada perusahaan tambang illegal beroperasi di Poboya. Saya langsung turun ke lapangan bersama dengan lurah dan aparat untuk melakukan penindakan,” katanya.

 

Untuk itu, Sabil berani memastikan tidak ada lagi perusahaan asing illegal yang beroperasi di Poboya.“Sudah kita lakukan pelarangan kepada perusahaan tambang ilegal itu. sampai hari ini (kemarin) laporan lurah sudah tidak ada lagi,” tegasnya.

 

Dia mengatakan akan melakukan penindakan secara hukum dan tidak memberi ampun bagi perusahaan asing dan lokal yang melakukan aktifitas eksplorasi ataupun eksploitasi illegal di lokasi tambang emas Poboya tersebut.

 

Di Poboya, kata Sabil, hanya Citra Palu Mineral (CPM) yang mendapat izin melakukan penambangan sesuai dengan kontrak karya yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. “Pokoknya tidak ada izin di luar kontrak karya,” tegasnya.

 

Dalam bertindak, ia mengatakan selalu melibatkan seluruh aparat kecamatan, pemerintah serta kepolisian dan lurah setempat. Bahkan, Sabil tidak segan memecat bawahannya yang mencoba melakukan kerjasama dengan perusahaan asing illegal.

 

“Kemarin Lurah Poboya saya sudah ganti, dia coba bermain. Dia tidak sadar kalau saya telah dapat info kalau dia ada main. Saya sudah ganti. Kepada lurah yang baru, saya tekankan jangan main-main dengan hal-hal yang begitu. Bahaya!,” tegasnya.

 

Terakhir, sabil mengimbau warga dan PT CPM yang melakukan penambangan di Poboya agar tetap memperhatikan aspek lingkungan.

 

“Kamin bersama kelompok kerja (pokja) provinsi juga telah melakukan kajian dan mengeluarkan aturan yang berkaitan dengan titik yang boleh di eksploitasi oleh para penambang, baik rakyat maupun CPM,” katanya. SADLI

Komentar

News Feed