oleh

Yuk! Ikut Festival Vaksinasi Covid-19 di Lapangan Vatulemo

-Kota Palu-dibaca 131 kali

SULTENG RAYA – Mulai hari ini, Jumat (18/6/2021) hingga Ahad (20/6/2021), Pemerintah Kota (Pemkot) Palu melaksanakan festival vaksinasi Covid-19 di Lapangan Vatulemo.

Bagi masyarakat khususnya para lanjut usia (lansia) yang belum divaksin gratis, bisa datang ke Lapangan Vatulemo.

Wakil Wali Kota Palu, dr Reny A Lamadjido mengatakan, festival tersebut merupakan bagian dari upaya Pemkot Palu untuk memenuhi target 90 persen masyarakat di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah itu divaksinasi.

Ia mengatakan, meski sasaran utamanya adalah para lansia, namun festival vaksinasi tersebut tetap dibuka untuk umum, khususnya masyarakat yang belum sempat divaksin.

“Festival vaksinasi dipusatkan di Lapangan Vatulemo dan menyasar para Lansia serta siapapun masyarakat yang mau divaksin. Kalau ada bapak ibu yang belum menerima vaksin, silahkan datang ke lokasi festival vaksin yang digelar selama tiga hari yakni, Jumat sampai Ahad dimulai pukul 08.00 Wita sampai 14.00 Wita,” jelas Wakil Wali Kota Palu, dr Reny A Lamadjido beberapa waktu lalu.

Baca Juga :   Nakes Palu Dilatih Pemulasaran Jenazah Covid-19

Selain itu Pemkot Palu juga memiliki tim yang siap melakukan vaksinasi di sekitar tempat tinggal masyarakat, yakni ‘Ranger Vaksin’. Namun, syaratnya harus berkelompok. Jika hanya sendiri-sendiri, bisa langsung datang ke Puskesmas terdekat dengan membawa KTP.

 

KADINKES HARAP SELURUH PROFESI KESEHATAN SUKSESKAN VAKSINASI

Hingga saat ini capaian vaksinasi Covid-19 tahap pertama dan kedua di Kota Palu baru mencapai 65 persen dari target 80 persen.

Olehnya, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Palu, Husaema, berharap, dengan terlibatnya seluruh profesi kesehatan dapat menyukseskan vaksinasi, utamanya bagi kelompok lansia.

Ia mengatakan, lansia menjadi kelompok terendah capaian pemberian vaksin Covid-19 yakni baru mencapai 14 persen.

Baca Juga :   BPKK PKS Sulteng Launching RKI di Empat Kelurahan 

“Seandainya lansia bisa kita angkat dari 14 persen maka untuk tahap pertama dan kedua ini kita sudah bisa mencapai 80 sesuai target kita,” kata Husaema kepada Sulteng Raya, Kamis (17/6/2021).

Husaema, menjelaskan, saat ini vaksinasi Covid-19 sudah melibatkan semua unsur profesi kesehatan ikut serta ambil bagian dalam memberikan edukasi kepada masyarakat sekaligus melawan hoaks terkait vaksin.

Sehingga pihaknya berharap, dengan terjunnya seluruh profesi kesehatan mudah-mudahan masyarakat bisa lebih memahami vaksin Covid-19.  

“Kami juga berharap dengan adanya vaksin ranger dan duta vaksin, vaksinasi bisa mencapai 80 persen kalau lansia kita bisa angkat. Kendala sekarang masih di lansia. Saya juga menargetkan di organisasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) satu dokter 10 orang. Jadi kalau 100 dokter berarti bisa dapat 1000 orang. Mudah-mudahan profesi lain bisa seperti itu, akhirnya kita bisa mencapai nanti lansia yang memenuhi syarat untuk divaksin,”ujarnya.HGA/NDY

Komentar

News Feed