oleh

BPJamsostek Palu-Kejari Donggala Teken MoU

-Kota Palu-dibaca 144 kali

SULTENG RAYA – Kejaksaan Negeri (Kejari) Donggala bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan) alias BPJamsostek Kantor Cabang Palu melaksanakan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) alias nota kesepakatan tentang penanganan masalah hukum di bidang perdata dan tata usaha negara di ruang rapat Kejari Donggala, Jumat (11/6/2021) pekan lalu.

Penandatanganan kesepatan bersama tentang penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara tersebut merupakan bentuk kerjasama antara BPJS Ketenagakerjaan dengan Kejari dalam menyelesaikan persoalan hukum yang dihadapi BPJS Ketenagakerjaan.

Kajari Donggala, Mohamad Ginanjar I, mengatakan, pihaknya siap dalam memberikan bantuan hukum, pendampingan hukum dan bentuk tindakan hukum lainnya yang dianggap perlu dalam menyelesaikan permasalahan dihadapi BPJS Ketenagakerjaan, dalam upaya menyelenggarakan jaminan sosial ketenagakerjaan secara menyeluruh di wilayah hukum Kejaksaan Negeri Donggala.

Baca Juga :   Gubernur Sulteng Imbau DPO MIT Menyerahkan Diri

“Dengan kesepakatan kerjasama ini pihak Kejaksaan nantinya akan bertindak menjadi pengacara negara dari BPJS Ketenagakerjaan baik dalam pendampingan di persidangan maupun memberikan pendapat hukum,” kata Kajari Mohamad Ginanjar I.

Terpisah, Kepala BPJamsostek Kantor Cabang Palu, Raden Harry Agung Cahya, mengatakan, semoga dengan adanya kerja sama tersebut, dapat mendotong kepatuhan perusahaan untuk mendaftarkan seluruh pekerja dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Selain itu, penandatanganan MoU tersebut sebagai bentuk tindak lanjut dari pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jamsostek.

Dalam Inpres Nomor 2 Tahun 2021, Presiden Republik Indonesia menginstruksikan sejumlah menteri hingga gubernur maupun bupati dan wali kota, termasuk Jaksa Agung untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing untuk mengoptimalisasi pelaksanaan program jamsostek.

Baca Juga :   Polres Palu Tangkap Pencuri Hp di 35 TKP

“Khusus untuk Jaksa Agung, untuk melakukan penegakan kepatuhan dan penegakan hukum terhadap BUMN, BUMD dan Pemda dalam rangka mengoptimalisasi pelaksanaan program jamsostek. Semoga MoU ini dapat meningkatkan kepesertaan BPJamsostek dan meningkatkan kesejahteraan pekerja,” kata Kakacab Raden Harry kepada Sulteng Raya, Kamis (17/6/2021).

Turut hadir, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Donggala, Andi Nurisma. HGA

Komentar

News Feed